Penampahan Galungan: Distan Pastikan Daging Babi Aman dan Layak Konsumsi

- 1 Agustus 2023, 11:20 WIB
Distan Kota Denpasar melakukan pengecekan kelayakan daging babi di pasar jelang Penampahan Galungan Selasa 1 Agustus 2023.
Distan Kota Denpasar melakukan pengecekan kelayakan daging babi di pasar jelang Penampahan Galungan Selasa 1 Agustus 2023. /Dok Humas Pemkot Denpasar


INDOBALINEWS - Rangkaian Hari Suci Galungan dan Kuningan di Bali yang identik dengan ‘Nampah’ mewajibkan masyarakat memperhatikan kesehatan daging.

Kali ini, Dinas Pertanian Kota Denpasar menerjunkan sedikitnya 10 dokter hewan dan 10 staf lainnya untuk melakukan pemeriksaan Post Mortem pada daging babi yang dijual di pasaran.

Pemeriksaan dilaksanakan selama dua hari pada Senin dan Selasa 1 Agustus 2023 bertepatan dengan Rahina Penampahan Galungan dengan menyasar 36 pasar tradisional di Kota Denpasar.

Baca Juga: Penguatan Kebijakan Makroprudensial Sokong Ekonomi Hijau

Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar, Ir. AA. Gde Bayu Brahmasta, MMA saat diwawancarai disela pemeriksaan pada Senin 31 Juli 2023 menjelaskan, pelaksanaan Hari Suci Galungan dan Kuningan di Bali yang akan segera tiba memang memiliki keunikan tersendiri.

Seperti halnya tradisi 'Nampah' atau memotong hewan yang biasa dilaksanakan sehari sebelum pelaksanaan Hari Suci Galungan yang dikenal dengan istilah Penampahan Galungan.

Sehingga masyarakat diharapkan ikut andil memperhatikan kesehatan hewan sebelum disembelih menjelang hari Suci Galungan. Hal ini dapat dilakukan dengan pengecekan hewan sebelum dan sesudah disembelih oleh dokter hewan berwenang.

Baca Juga: Tergiur Omzet Lebih Besar, Sarwendah Ikuti Suaminya, Ruben, Tambah Lapak Streaming di Shopee Live

“Pemkot Denpasar melalui Dinas Pertanian dan UPT. Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Denpasar menghimbau masyarakat agar memeriksa kesehatan hewan sebelum disembelih dan daging yang hendak dikonsumsi nantinya,” ujarnya

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x