Memasuki Musim Penghujan, BRI Regional Office Denpasar Bersihkan Sungai dan Tanam Pohon

- 6 Desember 2023, 08:04 WIB
BRI Denpasar bersih-bersih sampah sungai
BRI Denpasar bersih-bersih sampah sungai /Humas BRI Denpasar

 

INDOBALINEWS  -Memperingati HUT BRI ke-128, BRI mencetuskan Program “Jaga Sungai Jaga Kehidupan Kolaborasi BRI Menanam” yang diselenggarakan di 100 titik sungai di seluruh Indonesia.

Program tersebut diwujudkan Bank BRI Regional Office Denpasar dengan memberikan bantuan dan edukasi di Kelurahan Panjer pada Senin 4 Desember 2023.

Baca Juga: Relawan Loyalis Amin Tanggap Pungut Sampah Usai Capres Anies Baswedan Kampanye di GOR Gondrong

Regional CEO BRI Denpasar Recky Plangiten menjelaskan, program ini dilaksanakan di seluruh Indonesia. Namun khusus untuk Regional Bali, NTB, dan NTT, program ini diselenggarakan di 6 titik sungai. 

Diantaranya, Tukad Rangda Kelurahan Panjer, Denpasar, Tukad Teba Desa Pemecutan Kelod, Denpasar,Tukad Ijo Gading Kelurahan Loloan Timur, Jembrana, Tukad Babakan, Desa Kusamba, Klungkung, Kali Jangkuk, Kelurahan Dasan Agung Mataram, Sungai Dendeng, Kelurahan Air Mata, Kota Kupang.

Baca Juga: TPS3R Penatih Resmi Beroperasi, Duku Pengolahan Sampah Berbasis Sumber

Adapun kegiatan yang akan dilakukan meliputi bersih-bersih sungai, penghijauan melalui penanaman 100 bibit pohon produktif, edukasi lingkungan sehat dan pengelolaan sampah. Selain itu, BRI juga menyerahkan bantuan berupa tong sampah terpilah dan alat-alat kebersihan kepada Kelurahan Panjer. 

BRI menyadari bahwa sungai sebagai sumber kehidupan, namun kini dalam kondisi yang memprihatinkan. Sungai yang dulunya memiliki aliran air yang bersih, kini tercemar oleh sampah plastik, sampah rumah tangga, bahkan limbah industri. "Saat musim hujan tiba, tak jarang kita jumpai luapan air sungai membanjiri pemukiman warga akibat saluran air yang tersumbat. Kondisi ini tentu tidak bisa dibiarkan," ujarnya.

Baca Juga: Waduh! Sampah Dari Kawasan Suci Besakih Dibuang ke Jurang, Padahal Ada TPS3R

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x