Waduh! Sampah Dari Kawasan Suci Besakih Dibuang ke Jurang, Padahal Ada TPS3R

- 19 November 2023, 12:16 WIB
Sampah menggunung saat tengah didorong dengan alat berat masuk jurang di kawasan Banjar Palak Desa Besakih, Kabupaten Karangasem,  Bali.
Sampah menggunung saat tengah didorong dengan alat berat masuk jurang di kawasan Banjar Palak Desa Besakih, Kabupaten Karangasem, Bali. /Dok Agustinus

 

INDOBALINEWS - Sampah berserakan menimbun di tepi jurang di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Palak, Banjar Palak Desa Besakih, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

Tampak seorang lelaki bersama perempuan setengah baya sibuk menurunkan sampah dari kendaraan roda tiga berwarna hijau. “Ini sampah dari atas (kawasan suci Pura Besakih-red). Semua sampah dari atas dan dari desa dibuang ke sini,” kata lelaki itu saat wartawan media ini melihat hamparan sampah di TPS Palak, Kamis 16 November 2023.

Tumpukan sampah yang menggunung itu bukannya diolah di TPS yang sudah ada, tapi didorong dan dibuang ke jurang menggunakan alat berat.

“Baru dua hari lalu alat berat dorong timbunan sampah ke jurang karena sampah sudah menimbun dan meluber sampai menutup jalan masuk,” kata Ashar pengepul yang tiga hari sekali memungut material daur ulang dari tumpukan sampah untuk dibawah ke Klungkung dan Denpasar.

Baca Juga: Berstatus Waspada Level II, Gunung Dukono Pulau Halmahera Meletus

Kata Ashar, kalau sampah sudah penuh pasti datang alat berat meratakan dan mendorong ke jurang. “Kalau sampah sudah penuh, datang alat berat lalu didorong ke jurang. Biasanya dua atau tiga hari sekali. TPSnya sudah lama tidak berfungsi,” katanya sambil menjelaskan dirinya membeli sampah sampah bernilai ekonomi dari tempat itu seperti botol plastik air mineral.

Sementara I Kadek Andreawan, Ketua Unit Pengelolaan Sampah (UPS) Besakih dan I Gusti Ayu Riska Wandari dari Bumdes Desa Besakih bercerita panjang lebar tentang permasalahan sampah di kawasan itu sampai dibangunnya TPS3R Palak pada tahun 2011.

Keduanya menceritakan awal mula bangunan TPS3R yang dilengkapi mesin pencacah, alat pengayak kompos dan lain-lain, namun sepi tanpa ada kegiatan pngolahan sampah.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x