Mengenal 'Sukla: Mahayuning Loka Bali' untuk Kelola Sampah Besakih

- 8 November 2023, 16:51 WIB
Suka Project Launching Mahayuning Loka Bali di Pura Besakih Rabu 8 November 2023.
Suka Project Launching Mahayuning Loka Bali di Pura Besakih Rabu 8 November 2023. /Dok Mosly

 

 

INDOBALINEWS - GoTo Impact Foundation (GIF), organisasi penggerak dampak yang didirikan oleh Grup GoTo, bersama konsorsium changemakers dari Catalyst Changemakers Ecosystem (CCE) meluncurkan proyek “Sukla: Mahayuning Loka Bali”.

Proyek ini bertujuan untuk mengembalikan kelestarian jagat Bali lewat sistem pengelolaan sampah di area Desa Besakih, Bali. Dan didesain sebagai percontohan agar bisa diadopsi dengan mudah oleh destinasi wisata lain di seluruh jagat Bali.

Desa Besakih adalah rumah untuk pura terbesar di Indonesia yaitu Pura Agung Besakih yang berperan sebagai tempat ibadah dan wisata kelas dunia. Dengan total populasi sebanyak 7.564 penduduk serta dikunjungi 600 pemedek (peziarah) setiap harinya, area ini diperkirakan memproduksi sampah sebesar 7,5 ton/hari dari sampah residensial dan upacara adat di pura.

Baca Juga: Tiga Wasit Indonesia Dipilih FIFA Bertugas di Piala Dunia U17, Sudah Ikut Pelatihan VAR

Dari total jumlah sampah yang diproduksi, hanya 6,78% sampah yang terkelola dan sisanya dibuang ke tempat pembuangan sampah terbuka. Setiap pemangku kepentingan sudah melakukan tugas masing-masing, mulai dari desa dinas sampai pura. Namun, usaha tersebut masih dilakukan sendiri-sendiri.

Setiap pemangku kepentingan sudah melakukan tugasnya masing-masing, seperti pengurus desa yang sudah membangun TPS3R (Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuce, Recycle) dan pengempon (pengelola) pura yang sudah melakukan pengangkutan sampah setiap harinya. Namun, usaha tersebut masih dilakukan sendiri-sendiri, belum terintegrasi secara sistematis dari hulu sampai hilir sehingga proses pengelolaan belum optimal.

Baca Juga: Kemenkes Sebut Bakal Terus Tindaklanjuti Virus Cacar Monyet, Sosialisasi Sudah Diterapkan

Melihat kondisi ini, Monica Oudang, Chairperson dari GoTo Impact Foundation menyampaikan, ”Setelah tiga tahun berjalan, GIF menyadari bahwa upaya yang dilakukan sendiri-sendiri tidak cukup untuk menghasilkan perubahan sistemik jangka panjang.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x