Ajang Pertamina Muda 2021 Dorong Lahirnya 'Start Up' Baru dari Kampus

- 5 Oktober 2021, 10:51 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memberikan sambutan saat malam penganugerahan Pertamina Muda 2021.
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memberikan sambutan saat malam penganugerahan Pertamina Muda 2021. /Dok Pertamina

INDOBALINEWS – PT Pertamina berhasil menjaring 50 tim mahasiswa dari ajang kompetisi ide bisnis bertajuk “Pertamuda, Seed and Scale 2021” yang diikuti 2.025 peserta dari 23 perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Tiga peserta terbaik mendapatkan apresiasi dana pembinaan senilai Rp300 juta yakni tim Chickin dari Universitas Brawijaya, Tim Analitica dari Universitas Airlangga; dan Tim Tekpang dari Universitas Indonesia.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan badan usaha milik negara (BUMN) sektor energi ini juga berkewajiban mendukung pemerintah dalam mewujudkan tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) di poin 4 yakni pendidikan yang berkualitas bagi seluruh warga negara Indonesia.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo: Keberhasilan Tangani Covid-19 Tidak Terlepas dari Peran Besar TNI

Kata dia Pertamina tidak mau berhenti di situ, dan terus melakukan transformasi ke arah yang lebih berkelanjutan.

Oleh karena itu, lanjutnya, SDG’s yang akan dicapai Pertamina bukan hanya yang nomor 4, tetapi masuk lagi ke tujuan yang nomor 8 dari SDG’s yakni bagaimana pendidikan ini bisa mendukung ke arah pencapaian pertumbuhan ekonomi dari aspek kewirausahaan.

“Hal ini sangat penting mengingat kewirausahaan adalah penyumbang 60 persen pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia,” kata Nicke Widyawati melalui keterangan resmi yang diterima, Selasa 5 Oktober 2021.

Baca Juga: Menteri Sosial Risma Berkantor di Papua Tahun Ini

Menurut Nicke Widyawati yang menjadi latar belakang Pertamina menggelar ajang kompetisi ide bisnis tingkat mahasiswa Pertamuda Seed & Scale 2021 ini adalah mendorong tumbuhnya para wirausahawan muda, lahirnya start up baru dari berbagai kampus, yang selanjutnya dapat meningkat menjadi Unicorn, sebagaimana yang digaungkan oleh Kementrian BUMN mendorong seluruh BUMN turut andil melahirkan unicorn muda Indonesia.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x