Menteri Sosial Risma Berkantor di Papua Tahun Ini

- 5 Oktober 2021, 09:42 WIB
ilustrasi Mensos Risma akan Pindah Kantor ke Papua dan Tinggalkan Jakarta, Ternyata Ini Alasannya/Instagram/@tri_rismaharini_kemensos
ilustrasi Mensos Risma akan Pindah Kantor ke Papua dan Tinggalkan Jakarta, Ternyata Ini Alasannya/Instagram/@tri_rismaharini_kemensos /

INDOBALINEWS - Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Hikmat menjelaskan, Menteri Sosial Tri Rismaharini akan berkantor di Papua, sambil mempersiapkan program pemberdayaan.

"Jadi sudah lama keterpanggilan Ibu melihat Papua ini lebih maju, dan beliau melihat harus ada upaya untuk Papua bangkit mungkin dari tradisi lama lebih berorientasi pada menerima bantuan sosial. Jadi mendorong agar memberdayakan potensi yang dimiliki," ujar Harry kepada wartawan di Jakarta, Senin, 4 Oktober 2021.

Harry mencontohkan, yang sedang disiapkan adalah menyamak kulit buaya di Mamberamo.

Baca Juga: Kementerian Dalam Negeri Ingatkan Kepala Daerah Hindari Konflik Kepentingan

Kulit tersebut tidak hanya akan dijual, tetapi diolah menjadi barang yang akan meningkatkan pendapatan orang Papua itu sendiri.

Risma juga mendatangkan pelatih dari Kota Timika yang terlibat dalam usaha tersebut, untuk melatih orang-orang Mamberamo.

"Kita ajak teman-teman Mamberamo, orang-orang muda itu yang sering Ibu katakan Pahlawan ekonomi, dilatih pengusaha yang biasa mengolah. Tidak hanya penyamakan kulit buaya, tapi Ibu berpikir akses transportasi antarkota, antarkelurahan, antaradesa, bahkan antarkampung," ujar dia.

Menteri Risma, kata Harry, telah mengecek beberapa daerah secara geospasial. Tujuannya agar bisa menghubungkan akses transportasi dan mendayagunakan sumber daya manusia yang ada.

Baca Juga: PPKM diperlonggar, Menko Luhut: Pusat Kebugaran Boleh Buka 25 Persen

Halaman:

Editor: Riyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x