Transformasi Digital Menjadi Kunci Ketahanan Banyak Usaha di Indonesia

- 3 April 2022, 11:10 WIB
Ilustrasi pemanfaatan digital untuk usaha.
Ilustrasi pemanfaatan digital untuk usaha. /Dok Humas Kemenparekraf

INDOBALINEWS - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo, mengajak mahasiswa dan generasi muda untuk ikut berperan aktif menumbuhkan potensi ekonomi digital di Indonesia. 

Dalam webinar The Forum, dengan tema Indonesia 2045: Digital Transformation and Economic Development yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Australia Melbourne University, Jumat 1 April 2022n Angela mengatakan selama pandemi COVID-19, transformasi digital menjadi kunci ketahanan banyak usaha di Indonesia.

"Potensi ekonomi digital di Tanah Air juga sangatlah besar, sehingga generasi muda Indonesia harus bisa memanfaatkan hal ini," kata Angela dalam siaran resmi Kemenparekraf Minggu 3 April 2022.

Baca Juga: Update Covid 19, Seluruh Bali Berada pada Zona Kuning atau Risiko Rendah

Angela menjelaskan berdasarkan hasil riset Google, Bain & Company pada Laporan e-Conomy South East Asia 2021, menyebutkan ada empat perkembangan positif terkait ekonomi digital Indonesia selama 2020 dan paruh pertama 2021. 

Keempatnya adalah peningkatan sebanyak 21 juta konsumen digital baru, nilai GMV (nilai barang dagangan kotor/gross merchandise value) di Indonesia diperkirakan mencapai 70 miliar dolar AS, dengan pertumbuhan Year on Year sebesar 49 persen.

Baca Juga: Siapkan Diri Kalian, Perbasi Keliling Indonesia Jaring Anak Muda Berbakat Masuk Timnas Bola Basket

Lalu ada 28 persen pelaku usaha di Indonesia menyatakan bahwa mereka tidak akan bertahan selama pandemi jika bukan karena platform digital, dan Indonesia adalah tujuan investasi digital terpopuler di Asia Tenggara. 

Di samping itu, lanjut Angela, Kementerian Perdagangan memprediksi bahwa ekonomi digital Indonesia akan tumbuh menjadi Rp4.531 triliun pada tahun 2030 dengan sektor e-commerce menjadi pendorong utama.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x