Resesi Ekonomi: Pengertian, Dampak, dan Cara Menghadapinya

- 7 November 2023, 21:30 WIB
Ilustrasi resesi ekonomi.
Ilustrasi resesi ekonomi. /Freepik/fabrikasimf

INDOBALINEWS - Ketika perekonomian sedang melemah, kata 'resesi ekonomi' kerap sekali terdengar. Namun, apa sebenarnya arti dari resesi ekonomi tersebut?

Secara sederhana, resesi ekonomi adalah kondisi ketika perekonomian suatu negara mengalami penurunan yang signifikan, terlihat dari indikator-indikator seperti Produk Domestik Bruto (PDB) yang mengalami penurunan, meningkatnya angka pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi yang bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Pada kuartal ketiga tahun 2023 ini, PDB Indonesia sedang menurun. Hal ini memungkinkan adanya resesi jika tidak dikelola dengan baik. Dampak dari resesi ekonomi bisa sangat beragam, mulai dari:

Baca Juga: Ingin Mendirikan Badan Usaha? Pahami Perbedaan PT dan CV Sebelum Memulainya

1. Perlambatan Produksi

Ketika resesi terjadi, sektor riil ekonomi akan mengurangi kapasitas produksinya, mengakibatkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang banyak, dan bahkan beberapa perusahaan mungkin terpaksa menutup operasional mereka.

2. Penurunan Kinerja Investasi

Kinerja berbagai instrumen investasi akan mengalami penurunan, sehingga para investor cenderung beralih ke bentuk investasi yang dianggap lebih aman.

3. Pelemahan Daya Beli Masyarakat

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: Investopedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x