20 Pelaku Kuliner Indonesia di Pitching Day Indostar, Tingkatkan Daya Saing di Pasar Dunia

- 7 November 2023, 06:23 WIB
Indostar Pitching Day 2023 ini bertepatan dengan 2 tahun dicanangkannya program nasional Indonesia Spice Up the World.
Indostar Pitching Day 2023 ini bertepatan dengan 2 tahun dicanangkannya program nasional Indonesia Spice Up the World. /Dok Kemenparekraf

 

INDOBALINEWS - Sebanyak 20 pelaku usaha kuliner Indonesia di luar negeri mengikuti pitching day sebagai tahapan lanjutan program Indonesian Restaurant Fundraising (Indostar) 2023 yang diselenggarakan secara daring.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan Indostar 2023 bertujuan menjembatani para pelaku usaha kuliner untuk memperoleh ide pengembangan bisnis kuliner, akses permodalan/pembiayaan, hingga memperluas jaringan usaha.

"Indostar merupakan salah satu tindak lanjut atas arahan Presiden RI dalam peluncuran program 'Indonesia Spice Up the World' pada 4 November 2021 untuk memasarkan keunggulan rempah-rempah Indonesia, memperluas etalase kuliner Indonesia di luar negeri, dan mengembangkan diplomasi kuliner Indonesia agar dicari dan digemari oleh masyarakat dunia," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan resminya Senin 6 November 2023.

Baca Juga: 5 Alasan Mikasa Ackerman Dicintai Penggemar Attack on Titan

Indostar merupakan platform akses pembiayaan pertama bagi pengembangan bisnis restoran Indonesia di luar negeri, meliputi pelatihan dan pendampingan yang terstruktur dan masif agar usaha bisa scale up dengan lebih pesat dan siap mendapatkan pembiayaan dari calon investor serta sebagai bentuk kolaborasi skema pendanaan perbankan maupun non-perbankan.

Pelaku usaha kuliner Indonesia di luar negeri diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi antara para pelaku usaha, investor, dan pemerintah untuk terus mengangkat kuliner Indonesia di mata dunia melalui pengembangan jaringan restoran Indonesia di luar negeri.

Baca Juga: Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Rakyat Palestina Tiba di Mesir untuk Diteruskan ke Gaza

Dalam kesempatan tersebut Menparekraf Sandiaga juga berdialog dengan para pelaku usaha kuliner, di antaranya Rempah Restaurant dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, untuk berdiskusi mengenai pengembangan bisnis dan mendengarkan ide serta masukan langsung dari para pelaku usaha kuliner.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x