Pertumbuhan Ekonomi Bali Penghujung 2023 Lebih TInggi dari Nasional, Hasil Sinergi Banyak Pihak

- 19 Maret 2024, 14:16 WIB
 Ngeraos Sareng Media" yang digelar Bank Indonesia Bali di Pitamaha Resort Ubud Gianyar Senin 18 Maret 2024.
Ngeraos Sareng Media" yang digelar Bank Indonesia Bali di Pitamaha Resort Ubud Gianyar Senin 18 Maret 2024. /Dok Humas BI Bali

 

INDOBALINEWS - Pertumbuhan perekonomian Bali pada Triwulan IV 2023 mengalami pertumbuhan yang tinggi sebesar 5,86% (yoy) dibandingkan sebelumnya sebesar 5,36% (yoy).

Posisi ini menjadikan level pertumbuhan ekonomi Bali lebih tinggi dibandingkan dengan nasional yang tumbuh sebesar 5,04% (yoy).  Hal itu menjadikan pertumbuhan ekonomi Bali menduduki peringkat ke-6 dari 34 provinsi di Indonesia.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Bali Erwin Soeriadimadja capaian-capaian tersebut merupakan hasil sinergi dan kolaborasi berbagai pihak untuk mendorong pertumbuhan perekonomian di Provinsi Bali, yang bertumpu pada perkembangan pariwisata yang saat ini sudah normal kembali.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi di Bali, Masyarakat Diimbau Selalu Waspada

"Ekonomi Bali pada triwulan IV 2023 yang tumbuh menguat pada 5,86% (yoy), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya yang sebesar 5,36% (yoy). Level pertumbuhan ekonomi Bali ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan nasional yang tumbuh sebesar 5,04% (yoy) dan menempati peringkat 6 (enam) dari 34 Provinsi di Indonesia," ujar Erwin saat acara "Ngeraos Sareng Media" yang digelar di Pitamaha Resort Ubud Gianyar Senin 18 Maret 2024.

Lebih lanjut Erwin juga mengatakan bahwa berbagai survei Bank Indonesia terhadap optimisme masyarakat terhadap pereknomian Bali pada 2024 menunjukkan hasil yang positif sebagaimana tercermin baik dari sisi pelaku usaha maupun sisi konsumen.

"Capaian-capaian tersebut merupakan hasil sinergi dan koordinasi berbagai pihak untuk mendorong perekonomian di Bali," beber Erwin lagi.

Baca Juga: Bulan Ramadhan, Puluhan Pemandu Lagu Dibubarkan Satpol PP

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x