Erupsi Gunung Ruang Sulut: 498 Rumah Warga dan Fasilitas Publik Rusak

- 21 April 2024, 16:05 WIB
Para pengungsi korban erupsi Gunung Ruang, di Kabupaten Kepulauan Sitaro, saat tiba di Dermaga Satrol Lantamal di Kota Bitung dengan KRI Kakap-811. ANTARA/Jorie Darondo
Para pengungsi korban erupsi Gunung Ruang, di Kabupaten Kepulauan Sitaro, saat tiba di Dermaga Satrol Lantamal di Kota Bitung dengan KRI Kakap-811. ANTARA/Jorie Darondo /

INDOBALINEWS - Penanganan dampak erupsi Gunung Ruang di Sitaro Sulawesi Utara (Sulut) terus dilakukan pihak berwenang hingga Minggu 21 April 2024.

Berdasarkan data  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Sabtu 20 April 2024 sebanyak 498 unit rumah warga dan tiga fasilitas publik yang mengalami kerusakan akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Minggu 21 April 2024, mengatakan, secara rinci dampak kerusakan itu meliputi 135 rumah yang rusak ringan, 363 rusak sedang-berat, dua gereja dan satu gedung sekolah dasar di Tagulandang, Kepulauan Sitaro.

Baca Juga: Tiket Olimpiade untuk Atlet Dayung La Memo Usai Raih Posisi Kedua di Korsel

"Jumlah tersebut didapatkan berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan tim penanggulangan darurat bencana pada hari ke empat atau Sabtu (20/4)," kata dia.

Ia menjelaskan secara rinci dampak kerugian materil itu meliputi 135 rumah yang rusak ringan, 363 rusak sedang-berat, dua gereja dan satu gedung sekolah dasar di Tagulandang, Kepulauan Sitaro.

Sementara itu data rekapitulasi tim BNPB tersebut juga melaporkan ada sebanyak 11.624 warga Kepulauan Sitaro yang terdampak akibat erupsi Gunung Ruang yang telah terjadi sejak Kamis (18/4).

Baca Juga: Liga 1 Indonesia: Bali United Sukses Bungkam Bhayangkara FC 2-1

Warga terdampak tersebut tersebar di 10 desa dan dua kelurahan di Kecamatan Tagulandang, meliputi Pumpente, Laingpatehi, Mahangiang, Tulusan Barangka Pehe, Apengsala, Lesah Rende, Pahiama, Boto, Leseh, Kelurahaan Bahoi dan Kelurahan Balehumara.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x