Tiongkok Rencanakan Indonesia Jadi Pangkalan Militer , Terungkap Dalam Laporan Kemhan AS

- 5 September 2020, 07:00 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi /Dok. Kemenlu.go.id

INDOBALINEWS - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menegaskan bahwa Indonesia tidak dapat dan tidak akan pernah menjadi basis atau pangkalan militer negara manapun.

Penegasan tersebut dilakukan oleh Retno Marsudi menyikapi laporan tahunan Kementerian Pertahanan Amerika Serikat di Pentagon yang disampaikan kepada kongres pada 1 September 2020 lalu.

Dalam laporan disebutkan nama Negara Indonesia sebagai salah satu negera yang dianggap Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sebagai tempat yang cocok sebagai basis militer RRT selain pangkalannya saat ini di Djibouti.

Baca Juga: Warga Indonesia Dilarang Masuk Malaysia Terkait Covid-19 Selain Filipina dan India

“Secara tegas saya ingin menekankan bahwa sesuai dengan garis dan prinsip politik luar negeri Indonesia, maka wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan dijadikan basis atau pangkalan maupun fasilitas militer bagi negara manapun,” tegas Retno.

Dalam laporan yang berjumlah 200 halaman tersebut Amerika Serikat menyebutkan RRT berusaha membangun logistik luar negeri yang lebih kuat dan infrastruktur pangkalan untuk memungkinkan Tentara Pembebasan Rakyat (People’s Liberation Army/PLA) memproyeksikan dan mempertahankan kekuatan militer pada jarak yang lebih jauh.

Baca Juga: Mau Umrah Harus Tunggu Dibukanya Penerbangan dan Protokol Kesehatan

Seperti dikutip indobalinews.com dari RRI.co.id, di luar pangkalannya saat ini di Djibouti, RRT kemungkinan besar sudah mempertimbangkan dan merencanakan fasilitas logistik militer luar negeri tambahan untuk mendukung angkatan laut, udara, dan darat. 

RRT kemungkinan telah mempertimbangkan lokasi untuk fasilitas logistik militer PLA di Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia, Pakistan, Sri Lanka, Uni Emirat Arab, Kenya, Seychelles, Tanzania, Angola, dan Tajikistan. 

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x