Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Rakyat Palestina Tiba di Mesir untuk Diteruskan ke Gaza

- 6 November 2023, 19:43 WIB
Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Palestina tiba di Mesir, Senin (06/11/2023)
Bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Palestina tiba di Mesir, Senin (06/11/2023) /Foto: KBRI Kairo/


INDOBALINEWS – Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk rakyat Palestina telah sampai dengan selamat di El Arish, Mesir pada Senin, 6 November 2023. Pendaratan pertama diawali dengan pesawat Hercules di Bandara El Arish hari ini sekitar pukul 13.30 WIB.

Bantuan kemanusiaan yang berasal dari pemerintah, masyarakat, perusahaan dan lembaga kemanusiaan itu merupakan tahap pertama yang dikirimkan sebanyak 51,5 ton, berisikan bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya.

Seluruh bantuan tahap pertama diantarkan dengan menggunakan tiga pesawat dengan dua rute penerbangan berbeda. Dua pesawat yaitu pesawat Hercules A-1237 dan A-1238 melalui rute penerbangan Jakarta-Aceh-Yangon (Myanmar)-New Delhi (India)-Abu Dhabi (Persatuan Emirat Arab)-Jeddah (Arab Saudi)-El Arish (Mesir).

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: King Arthur Irawan Turun Tangan, Ini Rencana Pembelian Persik Kediri

Seperti yang dilansir dari lama resmi Setkab.go.id, Senin 6 November 2023, setelah berhasil menjalankan kewajibannya, dua pesawat Hercules milik TNI AU ini kembali lagi ke tanah air dengan rute penerbangan yang sama dengan keberangkatan.

Sedangkan pesawat yang satunya lagi yaitu pesawat Airbus A330 dengan kode penerbangan JT6001 terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta langsung ke El Arish. Meskipun begitu, adanya hambatan akibat faktor cuaca membuat pangan dialihkan ke Bandara Internasional Kairo.

Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Wamenlu RI) Pahala Nugraha Mansury menyerahkan sepenuhnya bantuan tersebut kepada Perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir.

Baca Juga: Video Sampah Berserakan di Jimbaran yang Viral di Medsos Bikin Geram DLKH Badung Bali

Nantinya bantuan itu akan diteruskan hingga ke perlintasan yang memasuki wilayah Gaza.
Ini merupakan bentuk wujud nyata kemanusiaan masyarakat Indonesia sebagai sesama manusia.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x