Peneliti OpenAI : Ada Penemuan Mutakhir AI yang Bakal Jadi Ancaman Umat Manusia

- 23 November 2023, 09:42 WIB
Ilustrasi teknologi AI
Ilustrasi teknologi AI /geralt/Pixabay

 

INDOBALINEWS - Menjelang empat hari pengasingan CEO OpenAI Sam Altman, beberapa staf peneliti mengirim surat kepada dewan direksi yang memperingatkan tentang penemuan kecerdasan buatan mutakhir yang bisa jadi ancaman umat manusia.

"Surat dan algoritma AI yang sebelumnya tidak dilaporkan adalah perkembangan penting menjelang pemecatan Altman, anak poster AI generatif," kata kedua sumber tersebut dilansir dari Reuters Kamis 23 November 2023.

Sebelum kembalinya Trump dengan penuh kemenangan pada Selasa malam, lebih dari 700 karyawan mengancam akan berhenti dan bergabung dengan pendukung Microsoft (MSFT.O) sebagai solidaritas terhadap pemimpin mereka yang dipecat.

Baca Juga: DPO Perampok Uang Rakyat, Kasus Korupsi Dermaga Labuhan Haji Lombok, Ditangkap di Bandung

Setelah cerita tersebut dipublikasikan, juru bicara OpenAI mengatakan Murati memberi tahu karyawan media apa yang akan diberitakan, namun dia tidak mengomentari keakuratan pemberitaan tersebut.

Pembuat ChatGPT telah membuat kemajuan dalam Q* (diucapkan Q-Star), yang diyakini oleh sebagian orang secara internal dapat menjadi terobosan dalam pencarian superintelligence, yang juga dikenal sebagai kecerdasan umum buatan (AGI), menurut salah satu sumber kepada Reuters. OpenAI mendefinisikan AGI sebagai sistem AI yang lebih pintar dari manusia.

Mengingat sumber daya komputasi yang besar, model baru ini mampu memecahkan masalah matematika tertentu, kata seseorang yang tidak ingin disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara atas nama perusahaan. Meskipun hanya mengerjakan matematika pada tingkat siswa sekolah dasar, keberhasilan dalam tes tersebut membuat para peneliti sangat optimis tentang kesuksesan Q* di masa depan, kata sumber tersebut.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Ngeri, Striker Timnas Bolivia Gilbert Alvarez Dikabarkan Sah Gabung Arema FC

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x