YandexART Produk AI untuk Bantu Pelajar dan Profesional di Industri Kreatif

- 14 November 2023, 19:08 WIB
Contoh gambar karya YandexART
Contoh gambar karya YandexART /Antara/Yandex

INDOBALINEWS - Para pelajar dan profesional yang berfokus pada industri kreatif kembali diberi kemudahan oleh inovasi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang kali ini diuncurkan oleh Yandex sebuah perusahaan teknologi internasional.

Yandex meluncurkan Yandex Jaringan Neural AI Rendering Technology yang disingkat YandexART, AI yang menggunakan perintah teks untuk menghasilkan gambar dan animasi untuk para pebisnis dan kreator muda.

YandexART mampu menghasilkan gambar dan animasi menggunakan difusi kaskade. Pertama, Jaringan Neural akan menghasilkan gambar dan bingkai berdasarkan perintah teks pengguna, kemudian secara bertahap meningkatkan resolusi gambar dan menambahkan detail.

Baca Juga: Viral Lagi, Wisata Bali Dijual Murah ke Turis Tiongkok, Pengamat Pariwisata Bongkar Fakta Ini

VP Strategy Yandex Alexander Popovskiy mengatakan YandexART adalah salah satu dari banyak proyek yang didukung oleh Jaringan Neural yang telah dirilis Yandex pada 2023. Jaringan yang terintegrasi dalam aplikasi Shedevrum tersebut akan segera tersedia di berbagai layanan Yandex.

"Kami berharap dapat membantu para pelajar dan profesional yang berfokus pada industri kreatif, sehingga mereka dapat menghasilkan karya yang lebih memukau dan mewujudkan ide-ide paling berani sekalipun berkat kualitas generasi yang tinggi," ungkap Alexander Popovskiy seperti dikutip dari keterangan resminya yang dilansir dari Antara Selasa 14 November 2023.

Aplikasi Shedevrum yang digunakan di banyak negara di seluruh dunia termasuk Indonesia adalah aplikasi seluler Yandex bagi pengguna untuk dapat membuat video, gambar, dan teks yang dibuat oleh kecerdasan buatan. Pengguna Shedevrum bisa membuat sampul album musik, ilustrasi buku, hingga karya seni untuk blog, kursus daring, bahkan pertunjukan teater.

Baca Juga: Rumor Transfer Pemain Liga 1: Makan Konate Dilepas, Barito Putera Incar Devid de Santana Silva

Dibandingkan dengan model difusi Shedevrum generasi sebelumnya, grafik YandexART lebih realistis dan detail. Berdasarkan hasil evaluasi internal yang dilakukan penilai, model tersebut memberikan hasil yang lebih baik pada 60 persen kasus.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x