Warga Aceh Menolak kedatangan pengungsi Rohingya

- 2 Desember 2023, 12:41 WIB
Para pengungsi Rohingya di Aceh, Sebelum dipindah ke Pekanbaru
Para pengungsi Rohingya di Aceh, Sebelum dipindah ke Pekanbaru /Antara

 

INDOBALINEWS - Warga Aceh menolak kedatangan pengungsi Rohingya. Salah satunya Warga Desa Pante Sukon, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Aceh menolak kedatangan pengungsi Rohingya gelombang ketiga dalam bulan ini yang hendak mendarat ke kawasan itu, pada Kamis 16 November 2023.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto mengatakan mulanya warga yang mengetahui kedatangan pengungsi Rohingya berbondong-bondong ke pesisir pantai untuk menolak mereka.

"Warga setempat menolak dan menyuruh imigran Rohingya itu naik lagi ke kapal. Salah satu alasan penolakan yang berkembang, karena imigran Rohingya yang pernah terdampar sebelumnya berperilaku kurang baik dan tidak patuh pada norma-norma masyarakat setempat," kata Joko kepada wartawan dilansir dari berbagai sumber.

 Baca Juga: Pemilu 2024: Todung Mulya Lubis Pertanyakan Konsistensi KPU Laksanakan UU Soal Debat Capres-Cawapres

Namun, kata Joko, setelah diberi pengertian oleh aparat kepolisian, warga setempat bersedia memberikan bantuan makanan dan minuman, termasuk bahan bakar minyak, serta menyediakan boat untuk menarik kapal yang ditumpangi imigran Rohingya kembali ke laut.

Ada 5 pengungsi Rohingya yang tinggal di lokasi karena dalam kondisi lemah dan membutuhkan perawatan medis. Mereka sudah ditangani oleh pihak UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) dan sementara waktu diungsikan ke Gedung SKB Cot Gapu, Bireuen.

 Baca Juga: Update Harga Sembako Sabtu 2 Desember 2023, Harga Sembako Terpantau Tinggi

Polda Aceh akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk dapat bekerja sama dalam penanganan imigran Rohingya. Ia juga mengimbau agar warga setempat tidak bertindak anarkis, dan tetap memperlakukan mereka dengan baik. Tercatat jumlah pengungsi Rohingya gelombang ketiga tersebut berjumlah 249 orang.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x