Pengungsi Gempabumi M 6.3 Donggala Capai 2.874 Jiwa, Mulai Berangsur Kembali ke Rumah

- 11 September 2023, 06:10 WIB
Pengungsi Gempa Donggala bermagnituod 6,3 yang terjadi SAbtu 9 September 2023.
Pengungsi Gempa Donggala bermagnituod 6,3 yang terjadi SAbtu 9 September 2023. /Dk BNPB

INDOBALINEWS - Warga yang mengungsi setelah terjadi gempabumi berkekuatan magnitudo (M) 6.3 di wilayah Donggala pada Sabtu 9 September.

erangsur-angsur kembali ke rumah masing-masing. Berdasarkan perkembangan data dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah pengungsi per Minggu 10 September 2023 pukul 12.28 WIB ada sebanyak 2.874 jiwa.

Apabila dibandingkan dengan data sebelumnya, ada penurunan jumlah pengungsi sebanyak 906 jiwa. Kendati demikian, angka tersebut masih dinamis, sebab ada warga yang memang kembali ke rumah masing-masing untuk menjaga dan menyelamatkan harta benda selama ditinggal di pengungsian.

"Para warga akan kembali ke pengungsian mandiri apabila hari mulai gelap. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi gempabumi susulan," demikian laporan BNPB pusat dalam pernyataan resminya.

Baca Juga: WOW, Cak Imin Janji Naikkan Dana Desa dari Rp2 M jadi 5 Miliar di 2024

Sementara hasil asesmen yang dilakukan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala, kerusakan bangunan yang terdampak gempabumi tidak berubah dari data sebelumnya. Hingga saat ini ada tiga rumah yang mengalami kerusakan ringan.

Adapun kerusakan bangunan rumah tersebut rata-rata ada di bagian dinding dan tiang pasak penyangga. Hal itu terjadi lantaran struktur bangunan kurang kuat sehingga retak dan roboh ketika diguncang gempabumi. Sementara itu, korban jiwa juga belum ada laporan hingga saat ini.

Baca Juga: Indonesia Imbau Anggota G20 Lestarikan Bumi pada KTT G20 di India

BPBD Kabupaten Donggala hingga kini masih melakukan pendampingan warga pengungsi dan berupaya memberikan dukungan baik logistik maupun peralatan yang dibutuhkan selama berada di pengungsian.***

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x