Perayaan Natal 2023 di Bali: Memaknai Kebersamaan lewat Tradisi Nampah di GKPB Tirta Empul Kerobokan

- 22 Desember 2023, 13:22 WIB
Tradisi Nampah yang digelar GKPB Tirta Empul Kerobokan Bali dalam Perayaan Natal 2023 Kamis 21 Desember 2023.
Tradisi Nampah yang digelar GKPB Tirta Empul Kerobokan Bali dalam Perayaan Natal 2023 Kamis 21 Desember 2023. /Dok GKBP Tirta Empul Kerobokan Bali

INDOBALINEWS - Nampah atau menyembelih hewan seperti babi, ayam, bebek, penyu dan lainnya merupakan bagian tradisi atau budaya masyarakat Bali.

Kegiatan ini biasanya terkait erat dengan Hari Raya Umat Hindu Bali Galungan dan Kuningan atau hari kemenangan Dharma (kebajikan/kebaikan).

Tradisi Nampah ini sendiri selain berdimensi ritual religi sebagai pengingat upaya diri untuk menghancurkan keburukan dengan kebaikan, juga berdimensi sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Baca Juga: Indra Sjafri Panggil 26 Pemain untuk Pemusatan Pelatihan Timnas U20 di Qatar

Pun begitu yang dilakukan oleh Umat Kristiani dari Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) Tirta Empul Kerobokan dalam menyambut Hari Raya Natal 2023. Bagi warga jemaat setempat, tradisi Nampah merupakan salah satu wujud kebersamaan dan bentuk ungkapan syukur.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Panitia Nataru GKPB Tirta Empul Kerobokan, Ketut Efrata bahwa menyambut Hari Raya Natal, Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) Tirta Empul Kerobokan memiliki serangkaian kegiatan yang erat dengan tradisi masyarakat di Pulau Dewata.

Baca Juga: 5 Resep Paling Viral dan Paling Sering Dicari di 2023 Lewat Google

Kegiatan tersebut bahkan telah dilaksanakan sejak akhir November 2023 lalu. Salah satu kegiatan tersebut di antaranya adalah aksi Nampah atau memotong daging babi yang dilaksanakan pada Kamis 21 Desember 2023.

"Selain untuk mempererat tali persaudaraan, Nampah juga dilakukan untuk melestarikan budaya Bali di mana gereja berdiri sejak 54 tahun silam," ujar Efrata di GKBP Kerobokan Jumat 22 Desember 2023

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x