Peringatan Hari Puisi Sedunia 21 Maret: 3 Puisi Cinta Bermakna Dashyat Karya 3 Penyair Fenomenal

- 21 Maret 2024, 11:43 WIB
Ilustrasi Puisi Cinta. Peringatan Hari Puisi Sedunia 21 Maret
Ilustrasi Puisi Cinta. Peringatan Hari Puisi Sedunia 21 Maret /pixabay.com/congerdesign

INDOBALINEWS - Hari Puisi Sedunia atau World Poetry Day diperingati setiap tahun pada tanggal 21 Maret. Hari Puisi Sedunia menjadi salah satu cara dalam mengapresiasi karya-karya para penyair dunia.

Puisi adalah karya sastera ungkapan seseorang yang menggugah perasaan  yang bisa membantu seseorang mengekspresikan emosi dan perasaan yang mungkin sulit diungkapkan dengan kata-kata biasa.

Menulis puisi juga memungkinkan seseorang untuk memproses pengalaman traumatis dan meningkatkan keberanian dan keyakinan diri, meredakan stres dan mengatasi kecemasan.

Baca Juga: Liga 1: PSS Sleman Manfaatkan Jeda FIFA Match Day Matangkan Persiapan Tim Demi Menjauh dari Zona Degradasi

Dilansir dari laman Poetry Fundation dan Unesco disebut World Poetry Day ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada tanggal 21 Maret. Peringatan ini pertama digelar di Paris, Perancis pada bulan Oktober sampai November 1999.

Penetapan World Poetry Day dilatarbelakangi dengan adanya kebutuhan dan ketertarikan UNESCO terhadap estetika berolah kata. 

Disebutkan juga  bahwa puisi merupakan salah satu ekspresi paling murni dari kebebasan linguistik. Puisi memperkuat perkembangan intelektual, emosional dan psikologis serta bisa membentuk generasi yang berwawasan luas.

Berikut redaksi pilihkan 3 Puisi Cinta yang makna  maha dahsyat yang melegenda yang kerap dibacakan di panggung panggung pentas karya sastera:

Baca Juga: Resmi, Prabowo Gibran Menang Pemilu 2024

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Poetry Foundation


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x