Hari Puisi: Mengenang 100 Tahun Kelahiran Penyair yang 'Mau Hidup Seribu Tahun Lagi', Chairil Anwar

- 26 Juli 2022, 10:22 WIB
Pelopor Angkatan '45 Chairil Anwar.
Pelopor Angkatan '45 Chairil Anwar. /Instagram @chairilisme

INDOBALINEWS – Hari ini genap 100 tahun kelahiran pujangga progresif Chairil Anwar dan diperingati oleh para penyair serta masyarakat pencinta puisi.

Chairil Anwar lahir di Medan pada 26 Juli 1922 dan meninggal pada usia yang masih muda, 28 April 1949, dikebumikan di Pemakaman Karet Bivak, Jakarta.

Hari kelahiran Chairil Anwar ditetapkan sebagai Hari Puisi yang diperingati oleh para penyair dan berbagai lapisan masyarakat yang mencintai sastra, terutama puisi.

Baca Juga: Pendiri ACT Tersangka Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Kemanusiaan

Ketua Yayasan Hari Puisi Maman S. Mahayana mengundang khalayak untuk menjadi saksi sejarah dengan menghadiri peringatan 100 tahun Chairil Anwar dan perayaan ke-10 Hari Puisi Indonesia.

“Sebuah kehormatan jika Bapak/Ibu/Sdr ikut ambil bagian dalam peristiwa penting bagi penegakan kebudayaan Indonesia,” kata Maman dalam undangannya.

Perinatan 100 Tahun Chairil Anwar dipusatkan di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Selasa 26 Juli 2022 mulai pukul 13.00 hingga 23.00 WIB.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertolak ke China, Jepang, dan Korea Selatan, Tiga Negara Mitra Penting ASEAN   

Kiprah Chairil Anwar memang patut terus dikenang. Paus sastra Indonesia HB Jassin memasukkan Chairil anwar sebagai pelopor Angkatan ’45 bersama Rivai Apin dan Asrul Sani.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x