Enam Langkah Mudah Menghadapi Stres agar Tidak Mendatangkan Penyakit Ikutan

- 7 April 2021, 21:54 WIB
Ilustrasi teknik pernapasan dan yoga untuk hilangkan rasa cemas dan stres.
Ilustrasi teknik pernapasan dan yoga untuk hilangkan rasa cemas dan stres. /Unsplash.com/Benjamin Child

INDOBALINEWS – Jangan biarkan terlalu lama Anda mengalami stres dan kecemasan. Anda tidak sendirian, kok. Banyak orang yang mengalami stres, tinggal bagaimana menyikapi dan menghadapinya.

Ya, ketika Anda stres tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon-hormon itu membuat Anda merasa mudah lelah.

Jadi jangan biarkan kondisi seperti itu berkepanjangan karena bisa menurunkan daya tahan tubuh dan memudahkan bakteri atau virus menyerang.

Baca Juga: Stres Di Masa Pandemi Jadi Pendorong Munculnya Gerd, Ini Kiat Mengatasinya

Baca Juga: Kanker Lambung Awalnya Mirip Sakit Maag, Waspadai 6 Gejalanya

Penyakit akibat stres berkepanjangn antara lain gangguan pencernaan, seperti iritasi usus besar, kolitis ulseratif, gastriris, dan GERD. Selain itu masalah pada kulit dan rambut, seperti rambut rontok permanen, eksim, psoriasis, dan jerawat

Bisa juga gangguan disfungsi seksual, seperti ejakulasi dini, impotensi, dan hilangnya hasrat seksual, juga gangguan menstruasi

Wah, masih banyak lagi di antaranya besitas dan gangguan makan lain. Penyakit kardiovaskular, seperti stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Baca Juga: 8 Makanan Terbaik dan Mood Booster Saat Sakit

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah