Literasi Digital: Tips Pakai Google Search Lebih Efektif

- 8 November 2021, 11:54 WIB
Gambar ilustrasi google.
Gambar ilustrasi google. /dokumen google.com

INDOBALINEWS - Saat ini hampir semua orang membutuhkan Google. Mulai dari anak sekolah yang kerap kali mencari informasi pelajaran lewat google saat sekolah daring hingga para lansia agar tetap aktif selama di rumah.

Fred Kees Charles Bundah, Founder Yayasan Mutiara Hitam Papua dalam Webinar Literasi Digital wilayah Nduga, Papua, Jumat 5 November 2021 mengatakan bahwa banyak manfaat dari mesin pencari Google karenanya perlu tips pakai google search agar hasilnya lebih efektif.

“Fungsi pencari Google selain untuk mengindeks alamat dan konten di situs web juga bisa menyediakan informasi melalui kata kunci. Selain itu google juga kerap kali dijadikan untuk media pemasaran untuk orang-orang yang berkecimpung di bidang usaha,” ujar Fred dalam webinar yang dipandu oleh Tony Thamrin ini.

Baca Juga: Kasus Dugaan Korupsi Dana Insentif Tabanan: KPK Konfirmasi Stafsus Eks Bupati

Lebih lanjut, Fred juga menjelaskan cara kerja Google, di antaranya dengan Crawling yaitu menjelajah dan mendata serta indexing dan ranking.

Terkait untuk menjelajah mesin pencari Google, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar lebih efektif. Yaitu menghindari menggunakan satu keyword dan harus lebih spesifik tetapi jangan terlalu panjang juga.

Selain itu Gunakan (") untuk mencari informasi secara tepat misalnya hukum Newton. Gunakan juga (*) untuk mencari kata yang hilang misalnya mencari lagu lirik lagu Peterpan bayangkan ku mela.. menghilang.

Baca Juga: Jelang World Superbike di Sirkuit Mandalika: Pemerintah Sesuaikan Harga Tiket

Selain itu gunakan tanda minus untuk menyingkirkan hasil pencarian yang tidak diinginkan misalnya Manchester-football. Mencari hasil berdasarkan file type misalnya aljabar PDF dan mencari di antara dua nilai waktu misalnya perdana menteri Australia 1980 2010.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Kemkominfo


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X