6 Tips Program Diet Ramah bagi Pemula

- 5 Februari 2024, 20:35 WIB
ilustrasi-diet.
ilustrasi-diet. /Pixabay


INDOBALINEWS – Banyak orang yang menyalahartikan bahwa diet itu semata-mata mengurangi konsumsi makanan. Namun pada kenyataannya diet itu merupakan pola makan yang dilakukan untuk jangka panjang.

Bukan sekedar pengurangan makanan dalam waktu singkat. Diet ini sudah menjadi hal yang perlu diwaspadai. Karena, berdasarkan data yang diambil dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dalam kurun waktu 10 tahun yang tercatat mulai dari tahun 2007 telah mengalami peningkatan sekitar 10 % di tahun 2018.

Presentase obesitas pada tahun 2007 sebesar 10,5 % yang berubah menjadi 21,8 % pada tahun 2018. Apalagi pada tahun 2024 ini, tentunya jumlah presentase tentunya terus meningkat.

Baca Juga: Liga 1: Herannya Radja Nainggolan Pemain Persebaya Surabaya yang Terkena Kartu Merah bisa Balik ke Lapangan

Sehingga diet tidak lagi demi memenuhi standar kecantikan saja, tapi juga terkait kesehatan penderitanya sendiri. Yang menjadi langkah penting diawali dengan niat untuk sehat. Lalu janganlah befokus pada hasil dengan penurunan drastis dalam waktu singkat. Justru itu menunjukkan cara diet yang tidak sehat.

Untuk itu, cobalah diet mudah dengan mengubahnya secara perlahan. Jadi, para pejuang diet pun akan jauh lebih bisa melaluinya. Sebab, kunci utamanya adalah pelan tapi pasti.

Berikut enam tips yang dianjurkan oleh Kemenkes:

1. Pakailah piring atau mangkuk yang lebih kecil dari yang biasan digunakan
Pola pikir dan kebiasaan itu sangat berpengaruh bagi para pejuang diet. Contoh sederhananya dengan mengubah peralatan makan yang dipakai. Dengan memakai piring yang lebih kecil, maka porsi makan akan lebih bisa diatur. Menurut program diet Kemenkes ini, fakta tersebut dapat mengurangi asupan kalori hingga 22 % daripada biasanya.

Baca Juga: Zikir Saat Belanja atau Mengeluarkan Uang dari Dompet, Yuk Amalkan! agar Rezeki Mengalir Terus

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x