Ingin Diet dan Kendalikan Obesitas, Yuk Biasakan Makan Nasi Merah

- 21 Agustus 2021, 23:07 WIB
nasi merah salah satu makanan pengganti nasi putih menurut dr Saddam Ismail
nasi merah salah satu makanan pengganti nasi putih menurut dr Saddam Ismail /Chandra Adi N/@Portaljogja.com/


INDOBALINEWS - Mengkonsumsi nasi merah sangat dianjurkan bukan hanya bagi mereka yang ingi diet maupun pasien penderita penyakit gula namun juga banyak manfaat terkandung jika rutin mengkonsumsi nasi merah.

Bagi masyarakat Indonesia, nasi merah atau beras merah bukanlah hal baru. Terlebih bagi mereka yang tengah menjalankan atau akan memulai program diet, sangat familiar dengan nasi merah.

Beras merah adalah gandum utuh dengan lapisan dedak terluar dan benih utuh yang memiliki kandungan serat lebih tinggi daripada beras putih biasa. Selain itu, beras merah tidak mengalami pemrosesan dan pemolesan yang intens.

Baca Juga: Gencarnya Isolasi Terpusat Mampu Tekan Kasus Covid-19 di Bali

Selain sebagai makanan sehat, bergizi, nasi merah memiliki rasa yang enak. Banyak kandungan serat didalamnya, juga mineral dan vitamin karena tergolong biji-bijian yang memiliki lapisan dedak luar dan kuman utuh.

Yang tak kalah pantingnya, nasi merah tidak mengalami pemrosesan dan pemolesan yang intens seperti halnya nasi putih.

Baca Juga: Tarif PCR di Bandara Ngurah Rai Dipatok Rp495 Ribu

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari NDTV Food, delapan manfaat nasi merah atau beras merah bagi kesehatan jika dikonsumsi, Sabtu 21 Agustus 2021.

    Diabetes

Beras merah kaya akan asam fitat, serat, dan polifenol esensial sebagaimana hasil studi. Nasi merah adalah karbohidrat kompleks yang membantu dalam pelepasan gula lebih lambat yang menjadikan Anda tetap sehat.

    Kesehatan Tulang

Baca Juga: Said Aqil Siradj Ungkap Kemenangan Taliban Bakal Menjadi Motivasi Kelompok Radikal Indonesia

Dengan mengkonsumsi nasi merah akan membantu dalam menjaga kesehatan tulang karena kaya akan magnesium dan kalsium yang membantu menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

    Kesehatan Kardiovaskular

Yang juga penting Nasi merah membantu dalam mencegah penyumbatan arteri karena mengandung selenium yang baik untuk jantung Anda, membantu mengurangi risiko gangguan jantung seperti hipertensi dan penyakit pembuluh darah.

    Kesehatan Pencernaan

Baca Juga: Usai Layangkan Tiga Somasi, Moeldoko Ancam Jerat Peneliti ICW dengan UU ITE

Memiliki kandungan serat yang tinggi, beras merah mengatur fungsi usus dan mencegah penyerapan asam, sehingga memudahkan proses pencernaan.

    Manajemen Berat Badan

Snyawa mangan dan fosfor dalam kandungan nasi merah, membantu mensintesis lemak tubuh Anda dan mengendalikan obesitas. Kandungan seratnya yang tinggi membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga mencegah keinginan Anda untuk makan atau ngemil.


    Mengurangi Risiko Sindrom Metabolik

Makan sereal tinggi serat dan rendah kandungan glikemik seperti beras merah mengurangi risiko mengembangkan sindrom metabolik sebagaimana hasil studi terbaru.

    Mengurangi Kolesterol

Baca Juga: BNPB Yakini Pendekatan Kearifan Lokal Bisa Optimal Percepat Penanganan Covid-19

Perlu dicatat juga, minyak yang ada dalam beras merah diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol LDL secara signifikan. Hal ini menjadikan beras merah sebagai salah satu biji-bijian paling sehat. Serat dalam beras merah mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membantu dalam ekskresinya.

    Meningkatkan Energi

Kandungan magnesium pada nasi merah juga akan membantu meningkatkan energi karena mengubah karbohidrat dan protein menjadi energi yang membuat Anda tetap aktif untuk jangka waktu lama.*** (Mutia Yuantisya/Pikiran-Rakyat.com)

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di Pikiran-Rakyat.com berjudul: 8 Manfaat Nasi Merah bagi Kesehatan, Baik untuk Diet dan Kendalikan Obesitas

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x