9 Tips Diet Turunkan Berat Badan, Sehat Tanpa Obat, Cocok untuk Para Pemula

- 20 Oktober 2023, 08:48 WIB
Ilustrasi tips diet.
Ilustrasi tips diet. /Pixabay/happyveganfit./

 

INDOBALINEWS – Berat badan yang berlebihan dapat memberikan banyak pengaruh negatif bagi kesehatan. Selain itu, obesitas juga menimbulkan rasa kurang percaya diri karena bentuk fisik yang tidak proporsional. Jadi, diet merupakan jalan yang bisa ditempuh untuk mengurangi berat badan.

Diet yang dimaksud bukan semata-mata mengurangi porsi makan secara berlebihan. Namun, itu menyangkut bagaimana pola makan sehat yang bisa dijaga seterusnya. Diet sendiri memiliki banyak macamnya seperti diet rendah karbohidrat, intermittent fasting, diet vegan, diet ketogenik dan lainnya.

Menurut laman resmi Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, jenis diet yang aman tergantung pada kondisi tubuh setiap individu. Hal itu terjadi karena masing-masing individu memiliki kebutuhan harian yang berbeda-beda. Alangkah baiknya, jika memungkinkan proses diet lebih baik didampingi oleh ahli gizi.

Baca Juga: Liga 1: Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares Siapkan Strategi Khusus Redam Gustavo Almeida

Tips Diet Sehat

Setidaknya, berdasarkan laman resmi Kemenkes ini, dapat diperoleh beberapa tips untuk membantu diet sebagai berikut:

  1. Hindari melewatkan sarapan

Dalam proses diet, justru dengan sarapan akan memberikan tubuh energi untuk aktivitas berat nantinya. Lalu, sarapan juga akan menahan rasa lapar dan dorongan untuk konsumsi makanan ringan secara berlebihan.

  1. Kurangi minuman manis

Minuman manis memiliki kalori yang tinggi akibat kandungan gulanya yang berlebihan. Maka, mengurangi bahkan menghindari minuman manis akan mendukung diet sehat. Terutama minuman instan seperti soda, yoghurt manis, minuman berenergi, jus buah kemasan, susu kemasan tinggi gula dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengurangi kadar gula pada saat menyeduh kopi, teh atau susu.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: Kementerian Kesehatan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x