Enam Jenis Vaksin Covid-19, Yang Akan Diberikan Secara Gratis Kepada masyarakat Oleh Pemerintah.

- 17 Desember 2020, 17:11 WIB
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menuturkan pihaknya telah menyiapkan sasaran yang menjadi prioritas vaksinasi
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menuturkan pihaknya telah menyiapkan sasaran yang menjadi prioritas vaksinasi /PMJnews

INDOBALINEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  mengumumkan bahwa masyarakat Indonesia akan mendapatkan vaksin Covid-19 gratis. Kabar yang  menggembirakan ini juga dimuat di YouTube Sekretariat Kepresidenan pada Rabu, 16 Desember 2020.

Pada kesempatan yang sama, Presiden menegaskan komitmennya untuk menjadi orang pertama yang akan memperoleh vaksin.  "Saya ingin tegaskan lagi nanti saya yang akan menjadi penerima vaksin yang pertama kali," ucap Presiden Jokowi dalam jumpa pers virtual itu.

Jokowi juga menyampaikan, keputusan menjadi penerima pertama vaksin itu ditunjukkannya demi memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat atas keamanan vaksin corona yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Fenomena Dua Gerhana Bulan Akan Terjadi Pada Tahun 2021 di Indonesia

Presiden juga  mengatakan, keputusan itu diambil setelah menimbang banyak hal, di antaranya, kata dia, masukan dari masyarakat. "Setelah menerima banyak masukan masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Presiden Jokowi. "Sekali lagi, gratis tidak dikenakan biaya sama sekali."

Baca Juga: Presiden Jokowi : Vaksin Covid-19 Gratis dan Siap Jadi Penerima Vaksin Pertama di Indonesia

Dan pemerintah, melalui Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, telah menetapkan enam vaksin Covid-19 yang bakal digunakan di Indonesia, pada Kamis 3 Desember 2020. 

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 9.860 Tahun 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Coronavirus disease 2019 ( Covid-19), dan keenam jenis vaksin itu adalah:

Baca Juga: Soal Tes Swab Masuk Bali, Koster Katakan Kesehatan dan Keselamatan Jadi Prioritas Utama

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x