Fenomena Dua Gerhana Bulan Akan Terjadi Pada Tahun 2021 di Indonesia

- 17 Desember 2020, 16:25 WIB
Ilustrasi gerhana bulan.
Ilustrasi gerhana bulan. /Pixabay/TheDigitalArtist

INDOBALINEWS - Lagi-lagi di langit Indonesia akan ada dua fenomena di tahun 2021 di tahun yang akan datang,dua di antara fenomena tersebut adalah gerhana Bulan total dan gerhana Bulan parsial, dan dimana kedua fenomena ini bisa diamati di Indonesia.

Gerhana Bulan parsial merupakan  hanya sebagian wajah Bulan saja yang tertutupi bayangan Bumi, sehingga tidak akan muncul merah, melainkan hanya akan seperti "tergigit" saja, dan kedua fenomena itu akan terjadi pada 26 Mei 2021 dan 19 November 2021.

Gerhana Bulan merupakan fenomena ketika Bulan melewati titik potong antara Matahari dan Bumi, sehingga Bumi menghalangi cahaya Matahari yang seharusnya diterima oleh Bulan, dengan kata lain, Matahari-Bumi-Bulan berada dalam segaris lurus.

Baca Juga: Presiden Jokowi : Vaksin Covid-19 Gratis dan Siap Jadi Penerima Vaksin Pertama di Indonesia

Bulan justru akan tampak merah jika gerhana Bulan total terjadi, hal itu terjadi karena sinar Matahari masih merangsek melalui atmosfer Bumi, lalu terbiaskan ke Bulan sehingga Bulan akan tampak merah, dan merahnya Bulan ini bahkan bisa semerah darah, yang menyebabkannya dijuluki sebagai "Blood Moon".

  • Gerhana Bulan Total 

Pada 26 Mei 2021 yang akan datang, langit Indonesia akan disuguhkan dengan gerhana Bulan total yang akan menyapa dulu, lokasi terbaik untuk melihat gerhana Bulan total yaitu di indonesia timur karena bisa melihat proses gerhana Bulan mulai dari awal hingga selesai

Baca Juga: Terkena Demam Sinetron ‘Ikatan Cinta’ Ibunda Inul Daratista Nekat ke Jakarta Demi Ketemu Para Pemain

Gerhana Bulan total ini akan dimulai pada pukul 17.47 WIT, ketika Bulan pertama kali masuk bayangan penumbra Bumi,dan pada saat itu di Indonesia bagian barat masih pukul 15.47 WIB dan Indonesia bagian tengah masih pukul 16.47 WITA, di mana Bulan belum terbit sehingga tidak bisa melihat apapun.

Dan gerhana Bulan akan berlanjut dengan masuknya Bulan ke bayangan umbra, yakni pada pukul 18.44 WIT,  dan di sini, "tergigit"-nya wajah Bulan mulai terlihat, namun sayangnya Bulan masih belum terbit di Indonesia bagian barat maupun di Indonesia bagian tengah. 

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: Infoastronomy.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x