Korban Gempa Malang 6 Meninggal di Malang dan Lumajang, 1 Luka Berat

- 10 April 2021, 20:35 WIB
Lokasi gempa Malang.
Lokasi gempa Malang. /Laman BMKG

INDOBALINEWS - Menyusul gempa Malang yang terjadi Sabtu, 10 April 2021 pukul 14.00.16 WIB di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa BNPB mengupdate korban jiwa dan luka yaitu enam orang meninggal dunia dan seorang luka berat.

Dari hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=6,7 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=6,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.

Seperti yang disiarkan oleh laman resmi bnpb.go.ig gempa ini berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan bangunan. BNPB terus memutakhirkan data berdasarkan kaji cepat dari BPBD di wilayah Provinsi Jawa Timur. Hingga kini, petugas di lapangan masih terus melakukan  penilaian dampak dan kebutuhan pascagempa.

Baca Juga: Kehabisan Uang Selama Pandemi, Bule Uzbekistan Jadi PSK di Bali

Baca Juga: Terduga Teroris FA Bukan Pengurus Muhammadiyah Tapi Anggota JI Yogyakarta

"Data BNPB per hari ini, Sabtu 10 April 2021 pukul 18.00 WIB, mencatat total warga meninggal dunia tiga orang di Kabupaten Lumajang, sedangkan masing-masing dua warga meninggal di antara wilayah Lumajang dan Kabupaten Malang dan 1 di Kabupaten Malang," demikian pernyataan tertulis Dr. Raditya Jati,  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Lumajang mencatat ada titik pengungsian di Desa Kali Uling, Kecamatan Tempur Sari. Jumlah warga mengungsi masih dalam pendataan. Sedangkan di Kabupaten Malang, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung belum ada laporan warga yang mengungsi. 

Terkait dengan kerusakan, BPBD beberapa wilayah masih terus melakukan pendataan di lapangan. Informasi sementara, BPBD Kabupaten Tulungagung menginformasikan kerusakan rumah rata-rata pada tingkat rusak ringan. 

Baca Juga: Bali Dalam Kondisi Darurat Sampah, Ini Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: BMKG BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x