Gempa di Sumbawa Barat 14 Februari 2021 Dirasakan Hingga Kuta Bali

- 14 Februari 2021, 08:48 WIB
Sumbawa Barat pada hari minggu 14 februari 2021 diguncang gempa 4,7 magnitudo dan dirasakan skala II MMI hingga Denpasar  dan Kuta Bali
Sumbawa Barat pada hari minggu 14 februari 2021 diguncang gempa 4,7 magnitudo dan dirasakan skala II MMI hingga Denpasar dan Kuta Bali /Dok BMKG

INDOBALINEWS - Gempa tektonik dengan magnitudo 4,7 kedalaman 10 km terjadi di Sumbawa Barat pada pukul 07:39:57 WIB atau 08:39:57 WITA.

Dari laman web resmi bmkg.go.id tercatat gempa yang berpusat di darat 21 km Tenggara Sumbawa Barat ini dirasakan hingga Mataram, Denpasar dan Kuta Bali dengan skala II MMI.

Menurut Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Rahardjo, SP, dari hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,7. Episenter terletak pada koordinat 8,92 LS dan 116,96 BT.

Baca Juga: WANTED : Andrew Ayer Buronan Interpol Red Notice Kabur dari Kantor Imigrasi Bali

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Hasil analisa mekanisme sumber menunjukan gempa ini diakibatkan oleh sesar geser (strike slip fault)," demikian dikatakan Agus Wahyu dalam siaran pers tertulisnya yang dikutip indobalinews.com.

Baca Juga: Jumlah Kasus Positif di Bali Capai 30.286 orang, Update Covid-19 Sabtu 13 Februari 2021

Lebih lanjut dikatakannya, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Sumbawa Barat, Mataram, Denpasar dan Kuta dengan kekuatan II MMI (getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang).

Baca Juga: Di Tahun Kerbau Logam, 4 Shio Ini Diterawang Bakal Hoki Banget

Pada pukul 09:00 WITA, dari hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Karenanya masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.***

Editor: Shira Ade

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x