Danau Baru yang Terbentuk Pascasiklon Tropis Seroja, Ini Penjelasan Pakar Geologi

- 19 April 2021, 21:34 WIB
Seorang petugas kepolisian sedang memantau danau baru yang terbentuk pasca-badai siklon tropis seroja di Kupang.
Seorang petugas kepolisian sedang memantau danau baru yang terbentuk pasca-badai siklon tropis seroja di Kupang. /ANTARA FOTO/Benny Jahang

INDOBALINEWS – Danau baru yang terbentuk setelah terjadinya bada siklon tropis seroja di Kelurahan Sikumana, Kota  Kupang masih menjadi perbincangan warga.

Berbagai asumsi dilontarkan oleh warga tentang danau yang menenggelamkan sawah seluas dua hektare yang sedang ditanami  palawija menjelang panen.

Di sekitar danau dilaporkan tercipta beberapa sumber mata air baru yang terus mengalirkan air ke danau sehingga permukaan kian meninggi.

Baca Juga: Danau Baru Muncul Usai Siklon Tropis Seroja, Tanah Pertanian Warga Kupang Terendam Air

Baca Juga: Menparekraf : Danau Toba Bisa Setara Dengan Bali

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur Dr. Herry Kota mengatakan fenomena alam terbentuknya danau baru tersebut merupakan jenis danau dolina.

"Danau baru ini masuk dalam kategori danau dolina atau danau karst," katanya, dikutip darti Antaranews, Senin 19 April 2021.

Kata dia pembentukan danau seperti di Kelurahan Sikumana ini sering terjadi di daerah yang masuk dalam daerah yang bertopografi karst atau bentang alam yang memiliki siklus hidrologi khas sebagai akibat dari perkembangan batu karbonat.

Baca Juga: Siklon Tropis Surigae, Wilayah di Sembilan Provinsi Ini Diminta Waspada

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x