Gredu Sediakan Platform Online untuk Pengaduan Kasus Perundungan di Sekolah

- 29 April 2021, 18:50 WIB
Ilustrasi perundungan atau bullying.
Ilustrasi perundungan atau bullying. /Seqara/Gredu

INDOBALINEWS - Penindasan, perundungan, perisakan, atau intimidasi (bullying) merupakan bentuk kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau kelompok yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain.

Tujuan aktivitas ini untuk menyakiti dan kecenderungan dilakukan secara terus menerus, yang mencakup pelecehan secara lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan, dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas, atau kemampuan. Tindakan perundungan terdiri atas empat jenis, yaitu secara emosional, fisik, verbal, dan cyber.

Aktivis antibullying yang juga inisiator Sudah Dong Malang Goldi Senna Prabowo mengatakan perundungan juga mencakup aktivitas yang hanya memuaskan salah satu pihak, sementara itu pihak lain menjadi bulan-bulanan atau merasa tersakiti, terpojokkan maupun kurang nyaman.

Baca Juga: TikTok Sekarang Ada Fitur Untuk Mencegah Pelecehan Seksual Anak Secara Daring

“Perundungan atau bullying ini merupakan sebuah fenomena yang selalu menjadi topik di setiap negara bahkan seluruh dunia,” katanya dalam dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis 29 April 2021.

Kata dia kejadian perundungan pun dapat terjadi di lingkungan keluarga, kantor, tempat bekerja, dan sekolah. Bahkan lingkungan sekolah kerap menjadi salah satu tempat yang memiliki potensi adanya tindak kekerasan.

Persoalan seperti ini tidak dapat diselesaikan secara instan namun perlu mengetahui akar permasalahan dari masing-masing individu. Untuk itu, Gredu sejak awal telah menyediakan halaman pengaduan yang ada di Gredu Student Web. Gredu merupakan platform teknologi pendidikan yang bertujuan untuk mewujudkan evolusi digital di sekolah.

Baca Juga: 1.451 ABK di Kapal Perikanan Asing Tertimpa Kasus, Mulai dari Repatriasi hingga Kekerasan

Pengguna dapat melaporkan peristiwa perundungan dengan memilih kategori kekerasan diberi tanggal dan judul yang jelas. Bahkan siswa bisa melampirkan gambar atau foto supaya tingkat validasinya tinggi dan menjadi bukti kuatbtelah terjadi tindakan perundungan.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah