Presiden Jokowi Minta Daerah Lain Tiru Surabaya yang Sukses Olah Sampah Jadi Energi Listrik

- 6 Mei 2021, 20:54 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo /Presiden Joko Widodo saat meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya, pada Kamis, 6 Mei 2021/Dok. Biro Pers Informasi dan Setpres

INDOBALINEWS - Daerah-daerah lain di Indonesia diminta meniru atau mengcopi keberhasilan Kota Surabaya dalam pengolahan sampah menjadi energi listrik.

Presiden Joko Widodo menegaskan hal itu saat meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Kamis, 6 Mei 2021.

Kepala Negara mengapresiasi gerak cepat pemerintah Kota Surabaya dalam merealisasikan fasilitas tersebut dan meminta kota-kota lain untuk meniru apa yang telah dilakukan di Surabaya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ungkap Masa Pandemi Covid-19 Tak Pengaruhi Hasil Tangkap Nelayan Lamongan

Pihaknya sangat mengapresiasi instalasi pengolahan sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan.

"Nanti kota-kota lain akan saya perintah supaya tidak usah ruwet, lihat aja di Surabaya, tiru, kopi," ujar Presiden dalam keterangan tertulis dikutip IndoBaliNews dari Setpres.

Disampaikan, sejak 2018, pemerintah telah berupaya menyiapkan sejumlah payung hukum bagi daerah untuk bisa merealisasikan fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik tersebut.

Baca Juga: Diduga Sembunyi di Jerman, Polisi Terus Buru Jozeph Paul yang Mengaku Nabi ke 26

Keinginan untuk bisa memiliki fasilitas tersebut sudah ada sejak tahun 2008 saat Presiden Joko Widodo masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Halaman:

Editor: R. Aulia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x