Masyarakat Diminta Tes Rapid Antigen Mandiri untuk Hindari Antrean Panjang

- 16 Mei 2021, 20:47 WIB
Pengendara motor melintas di depan pintu penjualan tiket kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Sabtu 8 Mei 2021.
Pengendara motor melintas di depan pintu penjualan tiket kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Sabtu 8 Mei 2021. /ARDIANSYAH /ANTARA FOTO

INDOBALINEWS – Masyarakat diimbau melakukan tes rapid antigen secara mandiri sebelum melakukan perjalanan untuk menghindari antrean panjang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang usai Lebaran masyarakat diminta melakukan tes rapid antigen mandiri di daerah asal.

Masyarakat yang akan melakukan perjalanan pascalebaran memang diwajibkan membawa surat keterangan hasil negatif tes rapid antigen.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Sebut Masyarakat yang Tidak Mudik Pahlawan dalam Memerangi Covid-19

"Dari hasil rakor tadi, ada satu catatan bahwa untuk menghindari adanya penumpukan di Pelabuhan Bakauheni, maka kami meminta kepada para penumpang agar melakukan tes rapid antigen secara mandiri di daerah asal keberangkatan,” katanya, dikutip dari Antara, Minggu 16 Mei 2021.

Kata dia data Satgas Covid-19 menyebutkan dalam satu bulan terakhir terjadi peningkatan kasus yang signifikan di hampir seluruh provinsi di Pulau Sumatera.

Terkait hal tersebut perlu suatu upaya memperketat pergerakan penumpang khususnya dari Sumatra ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.

Baca Juga: Tujuh Titik Penyekatan Larangan Mudik di Bali, Polda Kerahkan 1.750 Personel Gabungan

"Kita memang melihat bahwa ada kurang lebih sebanyak 400.000 orang yang sudah bergerak dari Jawa ke Sumatera. Dan tentunya di hari-hari ini dan beberapa hari ke depan akan ada suatu pergerakan balik dari Sumatera ke Jawa. Untuk itu kami melakukan suatu koordinasi yang intens, untuk melakukan pengendalian,” katanya.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x