Cerita Menko Polhukam Mahfud soal Sumbangan untuk Masjid Ditolak Almarhum KH Sanusi Baco

- 16 Mei 2021, 14:17 WIB
Ketua MUI Sulsel KH Sanusi Baco, LC /Tangkapan layar/ twitter.com/Hamka23822498
Ketua MUI Sulsel KH Sanusi Baco, LC /Tangkapan layar/ twitter.com/Hamka23822498 /Tangkapan layar/ twitter.com/Hamka23822498

INDOBALINEWS - Ada kisah menyentuh saat Menko Polhukam Mahfud MD hendak memberikan sumbangan uang untuk masjid namun ditolak oleh almarhum AGH KH Sanusi Baco.

Cerita itu disampaikan Mahfud melalui akun miliknya @mohmahfudmd dikutip IndoBaliNews, Minggu 16 Mei 2021.

Mahfud mengisahkan, selepas mengikuti salat jamaah di Masjid Raya Makassar, dia menyempatkan diri mampir ke rumah ulama kharismatis  AGH Sanusi Baco yang juga Ketua MUI Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Guru Besar Teknik dan Direktur Perencanaan UGM Prof Budi Prayitno Tutup Usia

Almarhum yang juga imam besar Masjid Raya itu berbincang dengan Mahfud.

"Kpd beliau sy bertanya, mengapa di masjid tsb tdk ada kotak amal bg jamaah utk memasukkan uang. Mengapa pula tdk ada pengurus takmir yg mau terima titipan uang utk masjid?," tanya Mahfud dalam cuitannya

Atas pertanyaan itu, Kyai Sanusi mengatakan, bahwa mantan Wapres HM Jusuf Kalla meminta masjid tersebut tidak usah menarik uang sumbangan dari jamaah utk pengelolaan masjid.

Baca Juga: Muhammadiyah Desak PBB dan Dunia Internasional Jangan Tinggal Diam atas Konflik Israel Palestina

"Semua kebutuhan utk pengelolaan masjid yg bagus tsb ditanggung oleh Pak JK. Utk pengelolaan zakat dan sedekah bisa, tp utk perawatan masjid ditanggung oleh Pak JK," ucap Kyai Sanusi ditirukan Mahfud.

Bahkan, saat dirinya menitip sumbangan uang untuk masjid pun oleh AGH Sanusi Baco tidak mau menerima.

Katanya, sudah ditanggung JK. Almarhum menyarankan Mahfud menyalurkan sumbangan utk pemeliharaan ke masjid-masjid lain yang juga masih banyak.

Baca Juga: Janji Menhub Budi Karya, Tahun 2022 Pelabuhan Sampalan Nusa Penida Siap Beroperasi

"Itu di thn 2016. Skrng beliau wafat dan Pak JK datang khusus utk melayat," tutup Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud mengabarkan Ketua MUI Sulawesi Selatan KH Sanusi Baco yang dikenal sangat luas ilmunya dan berpenampilan lembut meninggal dunia  pada Sabtu 15 Mei 2021.

Berita meninggalnya ulama kharismatik disampaikan Menko Polhukam Muhammad Mahfud MD melalui akun twitternya @mohmahfudmd.

"Sangat berduka. Hari ini (15/5/21) Anre Gurutta (AG) KH Sanusi Baco, Ketua MUI Sulawesi Selatan wafat di Makassar. Inna lillah wa inna ilaihi raji’un," tulisnya. ***

Editor: R. Aulia

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x