Takbir Akbar secara Virtual, Wapres Ma'ruf Amin Ajak Masyarakat Taati Pemerintah saat PPKM Darurat

- 19 Juli 2021, 09:21 WIB
Wapres Ma'ruf Amin.
Wapres Ma'ruf Amin. //Instagram.com/@kyai_marufamin/


INDOBALINEWS – Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan acara Takbir Akbar Idul Adha 1442 H yang digelar secara virtual bertujuan untuk mengajak masyarakat menaati imbauan pemerintah dengan melaksanakan takbir dari rumah selama masa PPKM Darurat.

Takbir nasional yang digelar Senin  19 Juli 2021 secara virtual akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

"Akan ada takbir nasional secara virtual, bersama Presiden Joko Widodo, saya, bersama dengan ormas-ormas Islam seluruh Indonesia, secara nasional," kata Ma’ruf Amin yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Senin, 19 Juli 2021.

Baca Juga: Keluarga Pastikan Hadir Berikan Dukungan saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Sukses maupun Alami Cobaan

Hal ini dilakukan mengingat Indonesia sudah dianggap sebagai pusat penyebaran baru virus Corona Varian Delta yang sangat meresahkan.

"Ada pendapat bahwa Indonesia sudah mulai dianggap sebagai pusat penyebaran baru, episentrum baru sekarang ini; dan ini sangat meresahkan karena penyebaran oleh varian Delta ini begitu cepat," tandasnya.

Untuk itu, Ma'ruf Amin mengundang perwakilan ormas Islam secara hibrid untuk membahas terkait ketentuan penyesuaian kegiatan peribadatan umat Islam pada Idul Adha 2021 yag jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Mengaku Kalau Terlalu Mikirin Haters Dirinya Tidak Akan Bisa Maju

Terdapat kesepakatan bersama antara Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan berbagai ormas Islam tentang gerakan bersama penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

Ketua Umum Pimpinan Pusat/Laznah Tanfidziyah Syarikat Islam Hamdan Zoelva mengatakan bahwa penyelenggaraan Takbir Akbar Nasional Virtual turut memberikan contoh kepada masyarakat untuk mentaati himbauan pemerintah terkait penanggulangan Covid-19.

Kata Hamdan Zoelva, untuk kepentingan syiar Islam, melalui Idul Adha dengan menjaga protokol kesehatan yang ketat dan untuk memberikan contoh kepada masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Sebut Tidak Mudah Cari RS, dr Tompi Mohon Masyarakat Tidak Salat Idul Adha di Masjid Picu Kerumunan

Pemerintah bersama MUI dan ormas-ormas Islam bersepakat untuk melaksanakan Takbir Akbar secara virtual," katanya.

Penyembelihan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH) atau tempat lain dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Pembagian daging kurban juga dilakukan dengan cara diantarkan ke rumah penerima, sehingga tidak ada kerumunan.

Baca Juga: Soal Vaksinasi Berbayar, Warganet : Mungkin Harus Gaduh Dulu, Baru Presiden Ambil Keputusan?

Pemerintah bersama Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam sepakat menggelar Takbir Akbar Nasional Virtual pada Senin malam, 19 Juli 2021 dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 Masehi. *** ( Mutia Yuantisya/Pikiran-rakyat.com)

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di Pikiran-rakyat.com berjudul: "Ma’ruf Amin: Ada Pendapat Indonesia Mulai Dianggap Pusat Penyebaran Baru Covid-19"

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah