Pencarian Hari Kelima Pascaerupsi Gunung Semeru, Tercatat Total 43 Korban Meninggal Dunia

- 9 Desember 2021, 20:43 WIB
Warga mengamati kondisi dalam rumahnya yang tertimbun material pasir Gunung Semeru di Dusun Kamar Kajang, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis 9 Desember 2021.
Warga mengamati kondisi dalam rumahnya yang tertimbun material pasir Gunung Semeru di Dusun Kamar Kajang, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis 9 Desember 2021. /Zabur Karuru/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS - Tim gabungan terus melakukan upaya pencarian dan pertolongan lanjutan pada hari kelima pascaerupsi Gunung Semeru, Kamis 9 Desember 2021.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan pencarian dilakukan tim gabungan pada sejumlah lokasi seperti Curah Kobokan, Kajar Kuning, Tambang Satuhan/Kebondeli Utara, Kampung Renteng dan Kebondeli Selatan.

“Selain itu, tim lain yang melakukan pembersihan dan asesmen lanjutan yang difokuskan di Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh,” katanya melalui keterangan resmi.

Baca Juga: ADWI 2021: Penglipuran dan Pemuteran Terpilih Jadi Desa Wisata Inspiratif

Kegiatan pencarian dan pertolongan serta pembersihan yang dilakukan sejak pukul 05.30 WIB itu sempat dihentikan sementara setelah terpantau awan hitam pekat dan mendung di sekitar Curah Kobokan.

Berdasarkan laporan visual, pada pukul 06.22 WIB, Gunung Semeru tampak jelas dan teramati asap putih tebal yang meluncur ke arah Barat - Barat Daya hingga 1.000 meter.

Rangkuman laporan dari tim pencarian dan pertolongan di lapangan per pukul 12.00 WIB, jumlah korban meninggal dari erupsi Gunung Semeru bertambah empat orang sehingga totalnya menjadi 43 orang. Sementara itu, warga luka-luka ada 104 orang, yang mana sebanyak 32 orang mengalami luka berat dan 82 lainnya luka sedang.

 Baca Juga: Konferensi Pemimpin G20 di Bali, Luhut: Indonesia akan Pamerkan Rehabilitasi Mangrove

Di samping itu, lokasi pengungsian juga mengalami peningkatan menjadi 121 yang terbagi di beberapa titik meliputi; Kecamatan Pronojiwo ada 10 lokasi/525 jiwa, dan Kecamatan Candipuro 10 lokasi/2.331 jiwa.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x