Menuju Indonesia Maju dan Berkeadilan, Presiden Jokowi Sampaikan Lima Agenda Besar

- 16 Agustus 2022, 16:37 WIB
Presiden Joko Widodo mengepalkan tangan saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022).
Presiden Joko Widodo mengepalkan tangan saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022). /Galih Pradipta/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan lima agenda besar untuk mewujudkan cita-cita Indonesia maju dan membangun negara yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

“Saya tegaskan kembali, agenda besar bangsa tidak boleh berhenti. Langkah-langkah besar harus terus dilakukan,” kata Jokowi.

Ia menyampaikan hal tersbeut dalam pidato di hadapan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Ruang Rapat Paripurna, Selasa 16 Agustus 2022.

Baca Juga: Kasus Pembunuhan Brigadir J: Kuasa Hukum Minta Istri Ferdy Sambo Dijadikan Tersangka, Ini Alasannya

Lima agenda besar tersebut, pertama, hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam.

Jokowi mencontohkan, hilirisasi nikel yang dilakukan telah meningkatkan ekspor besi baja sebesar 18 kali lipat. Ekspor besi baja meningkat dari sekitar Rp16 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp306 triliun di tahun 2021.

“Di akhir 2022 ini, kita harapkan sudah bisa mencapai Rp440 triliun. Itu hanya dari nikel, sekali lagi itu hanya dari nikel. Selain penerimaan pajak, devisa negara juga naik, sehingga kurs rupiah lebih stabil,” ujarnya.

Setelah nikel, pemerintah juga akan terus mendorong hilirisasi bauksit, tembaga, hingga timah.

Baca Juga: Sidang Tahunan MPR RI 2022: Jokowi Kenakan Baju Adat Paksian, Iriana Pakai Kebaya dan Hijab

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x