Tegar Sinar Ramadhan Mahasiswa UGM Program IUP, Uang Kuliahnya per Semester Capai Rp45 Juta

- 10 Oktober 2022, 13:33 WIB
Ilustrasi kuliah di AS dan Inggris lengkap dengan perbedaan kampusnya.
Ilustrasi kuliah di AS dan Inggris lengkap dengan perbedaan kampusnya. /Pixabay/Shahid Abdullah

INDOBALINEWS - Tegar Sinar Ramadhan, mahasiswa UGM yang nekat lompat dari hotel lantai 11 mengambil Program Internasional atau International Undergraduate Program (IUP).

IUP merupakan program unggulan Universitas Gadjah Mada yang diselenggarakan oleh program studi sarjana di beberapa Fakultas.

Kelas IUP UGM merupakan program yang diselenggarakan dengan standar internasional. Tentunya, biaya kuliah di IUP UGM memiliki besaran dan ketentuan yang berbeda dari mahasiswa di program reguler. 

Baca Juga: Sebelum Bunuh Diri, Tegar Sinar Ramadhan Sering Bagikan Tulisan Tentang Depresi dan Mental Ilness

Untuk jurusan komunikasi di Fisipol seperti yang dipilih Tegar Sinar Ramadhan, biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) berkisar antara Rp35-Rp45 juta. Sementara jurusan yang lain berkisar antara Rp20-60 juta.

Seperti dilansir dari web um.ugm.ac.id, program ini mewajibkan mahasiswanya untuk memperoleh international exposure selama menempuh pendidikan. Kegiatan international exposure yang dapat diikuti oleh mahasiswa antara lain:

Baca Juga: Tegar Sinar Ramadhan Baru Kuliah 4 Bulan jadi Mahasiswa UGM

Double degree dengan universitas mitra di luar negeri, Student exchange, International internships,  Short-term academic program (international seminar/workshop, winter/summer course program di universitas mitra di luar negeri, kejuaraan tingkat internasional, dll).

Seleksi Program Internasional dilakukan terpisah dari seleksi nasional (SNMPTN/SBMPTN) dan Seleksi Mandiri. Informasi lengkap mengenai program ini dapat dilihat di laman masing-masing IUP. ***

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: ugm.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x