Bali Dilanda Kekeringan, Hujan Tidak Turun 123 Hari

- 16 September 2023, 06:46 WIB
Kekeringan Ilustrasi/Pexels
Kekeringan Ilustrasi/Pexels /PR

INDOBALINEWS  - Sebanyak 14 kecamatan di Bali dilanda kekeringan karena hujan tidak kunjung turun hingga 123 hari. 

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini. 

"Waspada kekeringan di wilayah Bali bagian utara dan timur," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar I Nyoman Gede Wiryajaya di Denpasar, Bali, dilansir Antaranews. 

Baca Juga: Proyek SPAM Senilai 120 Miliar, Atasi Kekeringan Turun Temurun di Lotim Selatan

Wirajaya mengatakan peringatan dini kekeringan di 14 kecamatan tersebut tersebar di lima kabupaten yakni Buleleng, Tabanan, Bangli, Karangasem dan Badung. 

Ia merinci untuk di Kabupaten Buleleng memiliki sebaran kekeringan yang paling banyak yakni di Kecamatan Banjar, Buleleng, Busungbiu, Gerokgak, Kubutambahan, Sawan, Seririt, Sukasada, dan Tejakula. 

Kemudian di Kabupaten Tabanan di Kecamatan Pupuan, Kabupaten Bangli di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Karangasem di Rendang dan Kubu serta Kabupaten Badung di Kecamatan Petang. 

Ada pun Kecamatan Kubu memegang rekor tidak ada hujan selama 123 hari, kemudian di Tejakula dan Sukasada selama 70 hari. 

BBMKG memasukkan Kecamatan Kubu dan seluruh wilayah Kabupaten Buleleng dalam kategori awas kekeringan, sedangkan kategori waspada di Pupuan, Petang, Kintamani dan Rendang. 

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x