KTT AIS Forum Fokus pada Inisiatif Nyata Sektor Maritim

- 10 Oktober 2023, 00:38 WIB
Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Jodi Mahardi, saat menggelar konferensi pers di Media Center KTT AIS Forum Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) 1 Bali, Senin (9/10/2023).
Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Jodi Mahardi, saat menggelar konferensi pers di Media Center KTT AIS Forum Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) 1 Bali, Senin (9/10/2023). /Humas Kementrian Marves

 

INDOBALINEWS – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum akan fokus pada inisiatif-inisiatif nyata yang terjadi di masyarakat di negara-negara pulau dan kepulauan.

"AIS Forum ini adalah forum yang sifatnya konkret. Kita tidak ingin ini hanya sebagai forum saling pidato tapi juga ingin fokus inisiatif-inisiatif underground dan dikembangkan berdasarkan masukan komunitas di lapangan untuk kemajuan negara-negara pulau dan kepulauan ini (negara-negara AIS)," kata Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Jodi Mahardi, saat menggelar konferensi pers di Media Center KTT AIS Forum Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) 1 Bali, Senin (9/10/2023).

Baca Juga: Seminggu Kedepan Masuk Kawasan ITDC Nusa Dua Ketat, KTT AIS Forum Dihadiri Sejumlah Kepala Negara

Oleh sebab itu, lanjut Jodi, bekerja sama dengan United Nations Development Programme (UNDP) Sekretariat AIS Forum terus mengembangkan inisiatif program-program yang bisa diimplementasikan di negara-negara AIS.

"Kita juga punya regional directors AIS di antaranya Madagaskar, Fiji, dan Barbados, dengan tugas mereka adalah untuk berkomunikasi dengan komunitas negara-negara AIS untuk mencari insight dan program mendukung sekretariat AIS," jelasnya.

Pemerintah Indonesia pun ditegaskan Jodi mendukung penuh AIS Forum dan berkomitmen mendorong eksistensi dan implementasinya. Terlebih mendorong peran kelompok anak muda dan startup untuk saling berkolaborasi dan berbagi mencari solusi bersama dari masalah yang dihadapi negara pulau dan kepulauan.

Baca Juga: AIS Forum Jadi Momentum Gerakan Bersama Bangun Ekonomi Biru

"Negara-negara pulau dan kepulauan punya karakter resilient dan inovatif. Indonesia yakin melalui forum ini, negara AIS akan dapat menunjukkan punya kapasitas untuk menyelesaikan permasalahan tanpa tergantung pada bantuan pihak lain. Ini akan bisa tercapai dengan memperkuat solidaritas dan saling berbagi hasil inovasi kita," ujarnya.

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x