Tempe Bacem, Selada Udang Andaliman Menu Makan Malam Pemimpin Negara dan Delegasi KTT AIS Forum

- 11 Oktober 2023, 07:22 WIB
Hiburan gala dinner delegasi KTT Ais Forum
Hiburan gala dinner delegasi KTT Ais Forum /Kemenmarves

 

INDOBALINEWS – Ragam masakan tradisional Nusantara disajikan dalam gala dinner pertama pemimpin negara dan delegasi peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Nusa Dua, Bali, pada Selasa,10 oktober 2023. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang memimpin gala dinner mengatakan, "Laut adalah kehidupan kita, lautan merupakan kesatuan manusia dan lautan menyediakan banyak sumber daya yang harus kita kelola secara bertanggung jawab. Oleh karena itu, maka izinkan kami untuk menyambut kalian melalui upaya persahabatan dari kami, selamat menikmati malam ini. Terima kasih," kata Jokowi. 

Baca Juga: AIS Forum Luncurkan Program Pengembangan Usaha Ekonomi Biru dan Riset

Hidangan yang disajikan adalah variasi dari ragam masakan tradisional Nusantara, yang diracik ulang oleh Chef Vindex Tengker dan Chef Made Putra. 

Menyesuaikan dengan tema KTT AIS Forum 2023: “Fostering Collaboration, Enabling Innovation for our Ocean and our Future.” yang dihidangkan adalah keanekaragaman kekayaan alam, terutama hasil laut Indonesia. 

Seperti, urapan tempe atau tempe bacem dari Yogyakarta, kemudian Selada Udang Andaliman. Andaliman adalah rempah pedas khas Sumatera Utara. Dua menu tersebut disajikan sebagai hidangan pembuka bersama Sup Tomat Serai Nusa Dua. Yang disebut terakhir ini adalah racikan khusus sup tomat dengan aroma serai yang diberi potongan alpukat, dan disajikan dengan krim santan.  

Baca Juga: Hadiri KTT AIS Forum 2023 di Bali, Perdana Menteri Sao Tome Tiba Pertama

Hidangan utama ada tiga macam. Yang pertama adalah Daging Sapi Base Genep yang diolah dari wagyu dengan bumbu rempah Bali, lengkap dengan sayur lawar khas Bali sebagai side dish.  

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x