Stop Dilarang Terbangkan Drone dan Layang-layang di Bali, Ada KTT AIS Forum

- 10 Oktober 2023, 09:55 WIB
Drone dilarang dioperasikan di kawasan Nusa Dua selama acar KTT AIS Forum
Drone dilarang dioperasikan di kawasan Nusa Dua selama acar KTT AIS Forum /Foto : Pixabay/powie

 

INDOBALINEWS – Pemerintah Provinsi Bali mengimbau masyarakatnya tidak menerbangkan pesawat nirawak atau drone, selama masa persiapan maupun saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 yang berlangsung pada 10 -11 Oktober 2023 di kawasan Nusa Dua Bali. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra, mengatakan imbauan dan larangan itu, penting demi menjamin keamanan dan kenyamanan pelenggaraan event internasional negara pulau dan kepulauan tersebut. 

 Baca Juga: Hadiri KTT AIS Forum 2023 di Bali, Perdana Menteri Sao Tome Tiba Pertama

“Soal keamanan penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023, Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia) pun sudah menggelar Operasi Tribrata Agung 2023. Nah, imbauan larangan menerbangkan drone sudah diatur dalam operasi itu,” katanya. 

Ia menuturkan, antisipasi dan mitigasi keamanan dalam operasi yang dilakukan Polri itu akan dikerjakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Tindak yang bertugas menangani berbagai potensi gangguan seperti konflik sosial, terorisme, atau kejahatan yang menggunakan senjata api (senpi), bahan peledak, bom hingga drone yang tidak terdaftar dalam forum antidrone yang sudah disepakati. 

Imbauan larangan menerbangkan drone kata Dewa Made Indra, juga sama dengan larangan tidak menerbangkan layang-layang yang memang selalu menjadi aktivitas masyarakat di Bali. 

 Baca Juga: AIS Forum Luncurkan Program Pengembangan Usaha Ekonomi Biru dan Riset

Imbauan untuk tidak menerbangkan layang-layang bahkan dituangkan dalam surat edaran bernomor B.23.338/14322/V/DISNAKER ESDM tentang Tidak Bermain Layang-Layang Pada Periode Tanggal 4 Oktober Sampai Dengan 18 Oktober 2023 di Provinsi Bali.

“Sejalan dengan Operasi Polri itu, maka demi jaminan keamanan, ketertiban dan kelancaran selama KTT AIS Forum, kami imbau agar masyarakat juga tidak menerbangkan drone atau pesawat nirawak di area venue sekitar Nusa Dua,” katanya. 

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x