Resmi, Hakim Suhartoyo Akan Dilantik 13 November Jadi Ketua MK Gantikan Anwar Usman

- 9 November 2023, 16:03 WIB
Awalnya Menolak, Ini Alasan Suhartoyo Menerima Tugas Sebagai Ketua MK Pengganti Anwar Usman
Awalnya Menolak, Ini Alasan Suhartoyo Menerima Tugas Sebagai Ketua MK Pengganti Anwar Usman /Antara foto/M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO

INDOBALINEWS - Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Saldi Isra mengumumkan pengganti Ketua MK Anwar Usman yang diberhentikan secara tidak terhormat pada 7 November 2023 lalu. Saldi Isra mengungkapkan pengganti Anwar Usman adalah Suhartoyo.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) MK yang digelar secara tertutup. Pemilihan Ketua MK ini merupakan tindak lanjut putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) pada Selasa, 7 November 2023 lalu.

"Yang disepakati dari hasil kami tadi adalah untuk menjadi Ketua MK ke depan adalah Bapak Suhartoyo. Dan saya tetap menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua," ucap Saldi Isra dalam jumpa pers di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis, 9 November 2023.

Baca Juga: Jenderal Agus Subiyanto Siap Jalani Fit and Proper Test untuk Calon Panglima TNI, Jadwal Terbuka untuk Publik

Selain itu, Saldi Isra mengatakan, Suhartono akan resmi menggantikan Anwar Usman setelah dilantik pekan depan. Kabarnya, Suhartono akan dilantik pada Senin, 13 November 2023 mendatang.

"Insya Allah hari Senin akan diambil sumpahnya di ruangan ini. Mengucapkan sumpah di ruangan ini," kata Saldi.

Saldi meminta doa kepada seluruh masyarakat agar institusi MK bisa lebih baik lagi. Dia juga meminta dukungan publik agar MK dengan susunan kepemimpinan baru di bawah Suhartoyo lancar dalam menghadapi pemilu 2024.

Baca Juga: Puan Maharani Minta Tindakan Cepat untuk Atasi Masalah Pengangguran, 7,86 Juta Orang Nganggur per Agustus 2023

“Mohon doa restu kita bersama agar Mahkamah Konstitusi bisa menapak secara pasti mulai dari hari ini untuk memperbaiki diri dan mendapatkan dukungan publik dalam menghadapi situasi ke depan terutama penyelenggaraan pemilu yang sebentar lagi akan menghampiri kita semua,” katanya.

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x