Jokowi Resmikan PLTS Terapung Cirata di Purwakarta, Terbesar Ketiga di Dunia

- 11 November 2023, 19:46 WIB
Ilustrasi PLTS Terapung Cirata di Kabupaten  Purwakarta, Jawa Barat.
Ilustrasi PLTS Terapung Cirata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. /pln.co.id/

 

INDOBALINEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata dengan kapasitas 192 MWp di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, 9 November 2023. Merupakan pencapaian bersejarah, PLTS ini disebut sebagai yang terbesar di Asia Tenggara dan ketiga terbesar di dunia.

Jokowi menyampaikan kegembiraannya, menyebut hari ini sebagai hari bersejarah. Pasalnya, ini bisa mewujudkan mimpi besar untuk memiliki pembangkit energi baru terbarukan dalam skala besar.

PLTS terapung ini menjadi bukti kesuksesan kerja sama antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT PLN Persero, dan Masdar dari Uni Emirate Arab.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Eks Pemain Inter Ini Dikabarkan Masuk Daftar Belanja Arema FC, Nilai Pasar Rp 4,35 M

PLTS sebagai Sumber Energi Hijau

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan bahwa PLTS ini akan memberikan tambahan pasokan listrik sebesar 192 MWp, mengoptimalkan potensi tenaga air untuk energi hijau. Dengan PLTS ini, bersama dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang sudah ada sebelumnya dengan kapasitas 1.000 MW, total pasokan listrik di Cirata mencapai 1.192 MWp.

Dia mengambil contoh PLTS ini dilengkapi dengan pembangkit angin, dan meskipun tantangan cuaca dapat diatasi dengan membangun smart grid untuk menjaga stabilitas listrik.

Baca Juga: HUT Korpri ke-52, ASN Lotim Berbagi untuk Sesama

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x