Ini Komentar Tito Karnavian Soal 'Dirty Vote' yang Menyebut Namanya

- 19 Februari 2024, 16:23 WIB
Ilustrasi Film Dokumenter Dirtt Vote.
Ilustrasi Film Dokumenter Dirtt Vote. /YouTube

INDOBALINEWS - Salah satu tokoh nasional yang namanya disebut sebut dalam film dokumenter "Dirty Vote" adalah Tito Karnavian.

Dalam film itu Tito dituding berperan dalam pemenangan pasangan calon (paslon) tertentu karena adanya pemekaran provinsi di Pulau Papua.

Menurut Tito hal yang disampaikan film itu masih sebatas kongruen tanpa menempuh proses pelacakan.

Dia menjelaskan pemekaran provinsi di Pulau Papua itu dilakukan sebelum adanya koalisi partai-partai dan pasangan calon untuk pemilu.

Baca Juga: Jokowi dan Surya Paloh Bicarakan Agenda Kebangsaan Termasuk Soal Pemilu

Menurutnya pemekaran provinsi di Papua bukan merupakan inisiatif pemerintah, melainkan dari DPR dan aspirasi masyarakat.

"Tapi tiba-tiba dilompatkan bahwa pemekaran Papua itu dalam rangka untuk mempermudah paslon yang disiapkan pemerintah untuk memenuhi persyaratan 20 persen (suara) dari separuh provinsi, saya bilang itu terlalu jauh," kata Tito saat kegiatan Konvensi Nasional Media Massa dalam rangka Hari Pers Nasional di Jakarta, Senin 19 Februari 2024.

Ia menilai film dokumenter Dirty Vote tidak menempuh dua metode ilmiah dalam menghasilkan suatu kesimpulan sehingga dianggap hanya sebatas pembentukan opini.

Baca Juga: Media Asing Merasa Heran Konser Ed Sheeran di Pindah ke JIS Demi Laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x