Hari Kartini 21 April, Presiden Jokowi: Perjalanan Panjang Perempuan menemukan Kesetaraan

- 21 April 2024, 12:43 WIB
Puisi Kristina Laga Lela Edisi Hari Kartini Minggu 21 April 2024, Berilah Hak Kami!!!
Puisi Kristina Laga Lela Edisi Hari Kartini Minggu 21 April 2024, Berilah Hak Kami!!! /Facebook/

INDOBALINEWS - Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April. Hal itu merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 108 Tahun 1964, yang dikeluarkan Presiden pertama RI Soekarno.

Keputusan Presiden itu menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini tanggal 21 April sebagai hari besar yang kemudian dikenal dengan Hari Kartini.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak menjadikan Hari Kartini sebagai lambang perjuangan perempuan untuk kepemimpinan dan kekuatan yang dimiliki.

Baca Juga: Liga 1 Indonesia: Bali United Sukses Bungkam Bhayangkara FC 2-1

Presiden Joko Widodo mengatakan Hari Kartini adalah peringatan akan perjalanan panjang perempuan dalam menemukan kesetaraan. Kepala Negara mengucapkan Selamat Hari Kartini bagi semua perempuan Indonesia. 

"Hari Kartini adalah peringatan akan perjalanan panjang perempuan dalam menemukan kesetaraan. Marilah kita jadikan Hari Kartini tidak sekadar seremoni, tetapi lambang perjuangan perempuan untuk kepemimpinan dan kekuatan yang mereka miliki. Selamat Hari Kartini bagi semua perempuan Indonesia," demikian caption Presiden Jokowi dalam unggahan di media sosial Instagram @jokowi Minggu 21 April 2024.

Baca Juga: Jelang Putusan Sidang Sengketa Pemilu, Pakar: MK Tak Akan Diskualifikasi Gibran

Dalam unggahannya Presiden menyertakan video proses pembuatan ilustrasi Kartini disertai dengan lagu Ibu Kita Kartini ciptaan Wage Rudolf Supratman. ***

 

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: IG @Jokowi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x