Rasakan Sensasi Kesejukan Desa di Atas Awan, Ranu Pani Lumajang

- 20 September 2021, 12:40 WIB
Suasana Desa Wisata Ranu Pani Lumajang.
Suasana Desa Wisata Ranu Pani Lumajang. /Dok Humas Kemenparekraf

INDOBALINEWS - Ranu Pani adalah sebuah desa di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut yang menjadi desa terakhir persinggahan para pendaki Gunung Semeru.

Desa ini menjadi desa tertinggi di Indonesia, karenanya kerap disebut desa di atas awan dengan cuaca sekitar yang dingin hingga mencapai minus 4 derajat celcius.

Rannu Pani yang berasal dari bahasa Kawi, dengan Ranu berarti danau, hanyalah satu dari banyak spot menarik dari wilayah sekitar Gunung Semeru. Baru-baru ini Ranu Pan masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik se Indonesia 2021.

Baca Juga: Real Madrid Menang di Valencia, Carlo Ancelotti Puji Semangat Juang Tim

Desa ini memiliki tiga danau yang terkenal yakni Ranu Pani, Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo. Ranu Pani juga merupakan nama salah satu danau yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)

Di sekitar lokasi ini, para wisatawan akan mendapati fasilitas berupa homestay, penyewaan alat camping, dan jasa pemandu jika dibutuhkan. Seperti juga pemandangan destinasi wisaya pegunungan, di Ranu Pani kita juga merasakan kesejukan dan keindahan alam yang sama.

Baca Juga: Jelang World Superbike, Polda NTB dan Korem 162 Wirabhakti Genjot Vaksinasi Covid 19 di Mandalika Lombok

Sensasi keindahan alam ini juga dialami oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang menginap di salah satu home stay.

Selain menginap, di pagi hari Sandiaga Uno juga menyempatkan berolahraga  pagi, menaiki kuda dan meresmikan Amphitheater Minggu 19 September 2021. 

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x