Gaduh Wacana Presiden Tiga Periode, Jokowi: Saya Tidak Berminat

- 15 Maret 2021, 22:13 WIB
Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. /Facebook/Presiden Joko Widodo

INDOBALINEWS - Salah satu wacana yang menyita perhatian publik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 adalah terkait masa jabatan presiden tiga periode.

Semakin hari, wacana ini terus menggelinding liar hingga memicu kegaduhan. Beberapa pihak bahkan melontarkan kritik keras terkait wacana ini.

Gaduh terkait wacana jabatan presiden tiga periode inipun sampai ke telinga Presiden Joko Widodo. Merespons hal tersebut, Kepala Negara menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak berminat untuk menjadi presiden tiga periode.

Baca Juga: Beyonce Cetak Rekor dalam Sejarah Grammy Awards

Baca Juga: Antara Betrand Peto, Anneth dan Alifa Dibumbui Kisah Cinta Segitiga Ala Film Kuch Kuch Hota Hai?

"Saya menjadi presiden melalui pemilihan langsung oleh rakyat Indonesia berdasarkan konstitusi. Karena itu, pemerintahan ini juga berjalan tegak lurus dengan konstitusi," tegas Presiden Jokowi, sebagaimana disampaikannya di laman Facebook Presiden Joko Widodo, Senin 15 Maret 2021.

Menurut Presiden Jokowi, konstitusi telah membatasi masa jabatan presiden maksimal hanya dua periode. Amanat konstitusi ini harus dihormati bersama.

"Sikap saya terhadap konstitusi yang membatasi masa jabatan presiden hanya dua periode tidak berubah sampai detik ini. Saya sama sekali tidak memiliki niat, juga tidak berminat, untuk menjadi presiden tiga periode," tandasnya.

"Undang-Undang Dasar 1945 telah mengatur masa jabatan presiden paling lama dua periode. Mari kita patuhi bersama," imbuh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Respon Perempuan Terhadap Efek Vaksin Lebih Kuat Dari Pria, Cari Tahu Penyebabnya

Sebelumnya Minggu 14 Maret 2021, mantan Ketua MPR RI Amien Rais mengatakan ada upaya pembentukan opini publik untuk melakukan amendemen UUD 1945 terkait kemungkinan jabatan presiden bisa dipilih untuk tiga periode.

“Mereka akan mengambil langkah pertama, meminta sidang istimewa MPR yang mungkin satu atau dua pasal yang katanya perlu diperbaiki - yang mana saya juga tidak tahu - tapi kemudian akan ditawarkan pasal baru, yang kemudian memberikan hak bahwa presiden itu bisa dipilih tiga kali,” kata Amien Rais, melalui akun YouTube “Amien Rais Official”.***

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x