Partai Banteng Moncong Putih Oposisi atau Koalisi? 'PDIP Terbiasa Bertahan Dalam Berbagai Iklim Politik'

- 23 April 2024, 07:43 WIB
Ganjar Pranowo dan Megawati.  PDIP siap untuk berkoalisi ataupun oposisi.
Ganjar Pranowo dan Megawati. PDIP siap untuk berkoalisi ataupun oposisi. /Facebook/Ganjar Pranowo

INDOBALINEWS - Menjelang penetapan capres dan cawapres terpilih hasil Pemilu 2024 yang digelar besok Rabu 24 April 2024, PDI Perjuangan mengatakan sikap politik partai lima tahun ke depan akan ditentukan pada Rakernas bulan Mei 2024 mendatang.

Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah apapun keputusan Rakernas soal sikap politik PDIP tak masalah, sebab Partai Banteng ini sudah terbiasa bertahan di berbagai iklim dan dinamika politik tanah air.

Ia mengatakan partainya siap berada di dalam koalisi pemerintahan ataupun mengambil jarak dengan pemerintah sebagai oposisi.

Baca Juga: Akhirnya Prabowo Bersuara Soal Putusan MK: 'Terimakasih MK'

“Kita pernah di jalan kolonialisme dulu ketika Bung Karno mendirikan PNI 4 Juli 1927. Di dalam masa hegemoni kolonialisme itu, kita kemudian mampu survive dan mengantarkan Indonesia merdeka bersama parpol-parpol lain,” kata Basarah di kantor DPP PDI Perjuangan di Jakarta, Senin 22 April 2024 malam.

Menurut dia, ketangguhan PDI Perjuangan berada di dalam maupun luar pemerintahan telah teruji. Ia mencontohkan ketika masa Orde Baru banyak menerima intimidasi politik, tetapi mampu bertahan dan menjadi pemenang Pemilu 1999.

“Kemudian kita pernah berada di pemerintahan lalu keluar lagi di pemerintahan, berada di luar pemerintahan maksud saya, dan masuk lagi di dalam pemerintahan selama 10 tahun,” jelasnya dilansir dari Antara.

Terkait Rakernas Basarah mengungkapkan seluruh struktur partai bakal memberikan masukan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tentang posisi politik partai menjadi bagian pemerintah atau oposan.

Baca Juga: Jelang WWF ke-10 di Bali: RS Sanglah Jadi Faskes Utama Para Delegasi

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x