Begini Manfaat Menulis Jurnal untuk Menjaga 'Mental Health'

- 19 Agustus 2023, 10:05 WIB
Ilustrasi mental health.
Ilustrasi mental health. /Pixabay/WOKANDAPIX

INDOBALINEWS - Mental Health atau kesehatan mental bisa didefinisikan sebagai keadaan sejahtera dimana setiap individu bisa mengeluarkan potensi di dalam diri masing masing.

Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Banyak cara yang bisa dilakukan manusia agar memiliki kesehatan mental yang baik. Salah satu penelitian sejumlah pakar kesehatan menunjukkan bahwa menulis jurnal amat bermanfaat menjaga kesehatan mental.

Baca Juga: Di Luar Nalar, Sesi Shopee Live Erigo Bareng Raffi Ahmad Cetak Rekor Omzet Rp5 Miliar Kurang dari 10 Menit

Dilansir Antara dari Healthline cukup mengejutkan bahwa salah satu alat kesehatan terbaik sebenarnya adalah menulis jurnal (journaling), yang ternyata menawarkan berbagai manfaat, mulai dari meredakan stres hingga memicu penemuan diri.

"Journaling merupakan kesadaran yang bergerak, menyoroti hal-hal tak ternilai dalam hidup yang mungkin tidak selalu kita sadari. Setidaknya ada enam manfaat dari menulis jurnal," ujar pendiri Mending Trauma, Amy Hoyt, PhD dalam Healthline, Sabtu 19 Agustus 2023.

Bantu kurangi stres:                                                                                         

Jurnal bisa menjadi katup pelepas tekanan yang hebat saat kita merasa kewalahan atau sedang mengalami banyak hal secara internal. Beberapa penelitian membuktikan hal ini. Pasien, keluarga, dan praktisi kesehatan dari rumah sakit anak melaporkan penurunan tingkat stres setelah menyelesaikan latihan penjurnalan ini. Penelitian tersebut meminta mereka untuk menulis tiga hal yang disyukuri, kisah hidup dalam enam kata, dan menuliskan tiga keinginan. Dalam studi tindak lanjut, 12 hingga 18 bulan kemudian, 85 persen peserta melaporkan bahwa latihan menulis sangat membantu, dan 59 persen terus melakukan journaling untuk mengatasi stres.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024: Polda Bali Gelar Deklarasi Damai Peserta Pemilu                 

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x